Hujan

hujan1

Hujan menurut aku adalah jatuhnya buliran-buliran air dari langit. Hujan selalu hilangkan resah dan gundahku. Hujan bisa membawa ketenangan dan kedamaian dalam jiwaku. Aku selalu rindukan hujan, banyak kenangan tersimpan bersama dengan hujan. Dulu aku sering lihat hujan sambil duduk di pangkuan papaku. Begitu indah terasa. Aku selalu bertanya, kenapa air yang jatuh dari langit disebut hujan?, kenapa ada air di langit? Waktu itu aku juga berpikir kalau hujan itu berasal dari tangisan bidadari.

Hujan adalah kenangan bagiku, dulu aku sering lihat teman-temanku bermain air hujan, mereka berlari-lari sambil mandi hujan dan aku hanya bisa mengintip mereka dari balik jendela. Betapa waktu itu aku ingin sekali keluar dan bergabung dengan mereka, berlari sambil mandi hujan sepuasnya.

Hujan bagiku adalah ajang balas dendam, karena sering dilarang mandi air hujan waktu kecil, kadang secara diam-diam aku mandi hujan bila ada kesempatan, aku bisa berlari-lari sampai puas, meskipun akhirnya aku beneran sakit setelahnya. Bahkan sampai sekarang flu aku belum sembuh gara-gara kemarin mandi hujan. Rasanya sakit banget, tapi aku tidak kapok juga.

Hujan bagiku adalah ajang bermanja-manja, karena saat hujan aku nggak tau kenapa bisa jadi manja banget gitu. Kalau hujan turun dimalam hari aku ingin tidur sama mama, minta dipakaikan selimut yang tebal karena sangat dingin sekali. Kalau hujan turun di sore hari aku ingin di temani duduk memandang hujan sambil minum teh hangat dan makan pisang goreng atau roti bakar yang masih hangat, hmmm…oishi desu…, atau kalau ada mama bisa tidur dipangkuan mama gitu.

Hujan memang indah tak terlukiskan, apalagi kalau setelah hujan muncul bianglala ,sangat indah sekali. Hujan bisa memberi banyak inspirasi badi penulis. Tapi hujan adalah mimpi buruk badi sebagian orang termasuk temanku.

Dia selalu bilang “Aku benci hujan, karena hujan selalu membawa bencana, rumahku sering kebanjiran kalau sedang turun hujan”. Terus ada juga yang bilang kalau “hujan selalu bikin repot, aku jadi malas kuliah, jalanan licin, nggak ada ojek, becek”. Terus juga ada yang bialng “hari ini aku telat masuk kantor karena malas”, mungkin hujan bisa bikin malas sebagian orang.

Apa yang dikatakan mereka semuanya adalah benar. Apalagi di kota ini hujan sebentar saja sudah bisa sebabkan banjir. Entah itu faktor manusianya yang tidak bisa menjaga lingkungan atau karena memang bumi kita ini sudah sangat tua yang sebabkan sering terjadi bencana.

Tapi hujan juga anugrah terindah bagi para petani, karena saat hujan turun itu pertanda musim bercocok taman tiba. Para petani itu selalu rindukan hujan seperti aku yang selalu merindukan rinainya. Hujan juga anugrah badi mereka yang tinggal di daerah yang tak terdapat sumber mata air. Air hujan itu di tampung dalam suatu tempat kemudian digunakan untuk memasak, minum, mandi, mencuci. Hujan jugalah yang membuat tanah kering kerontang menjadi subur. Pohon-pohon, tanaman, bunga-bunga bisa tumbuh dan bermekaran sangat indah.

Hujan adalah karunia Tuhan yang tiada tara indahnya, semoga musim hujan kali ini tidak membawa bencana yang berkepanjangan. Semoga saat ini yang mengalami bencana banjir bisa bersabar menghadapinya. Dan engkau temanku Bersabarlah juga, atau jika saat ini rumah kamu masih kebanjiran. Aku doakan semoga semua ini bisa cepat berlalu.

Owh iya, kenapa kalau kita mandi hujan setelahnya bisa kena flu ya? Apa ada yang bisa jelaskan?

This entry was posted in Kehidupan and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

25 Responses to Hujan

  1. shavaat says:

    Hujan, bagi kami di pulau sumbawa sana, benar2 sebagai rahmat. Sawah2 kering, bukit2 tandus, ladang2 gersang berubah jadi hijau damai saat musim hujan tiba.

    Kami sangat beryukur apabila hujan turun…

    Pertamax, Re!🙂

  2. bayu200687 says:

    dan detak jam
    tajamkan hujan

    gerimis telah menjadi logam
    dan pelangi, mengiringi tiap hujan di hati

    manusia tak pernah mengerti

    *keduaxxx😀

  3. redesya says:

    @shavaat

    aku juga bersyukur saat hujan turun..
    Lihat tanaman tumbuh subur..
    Hatiku jadi terhibur..

    @bayu200687

    aku juga tak mengerti kak..

  4. YUI Loyalist says:

    yah kalo jawaban amatirnya sih jadi flu karena kedinginan, daya tahan tubuh menurun… (sama kan kayak seharian berenang di kolam renang atau di pantai) ya kan, belom lagi tubuh ditiup angin. masuk angin deh… supaya agak nyaman mandi hujan, ya udah harus makan kenyang, dan tubuh dalam kondisi fit. Masuk akal ya…

    ku juga suka maen mandi hujan sih tapi skarang dah gak. gak enak diliat orang laen, kesannya kayak anak kecil aja…

  5. indra1082 says:

    Kalau kata anak di sekolahku…
    “HUJAN BUKAN HALANGAN PERGI SEKOLAH”…*Nyanyi mode on…

  6. redesya says:

    @YUI Loyalist
    mungkin kemarin badan aku nggak fit ya..

    Aku kayak anak kecil dunk..

    @indra1082
    tapi waktu itu pas aku ke sekolah nggak bawa payung, nah di tengah jalan hujan, jadi basah semua, so ke sekolah jadi terhalang gitu..

  7. qizinklaziva says:

    Hujan… berarti siap2 menghadapi banjir!

  8. Mr. Momod says:

    Biker ga boleh takut hujan (kecuali lagi sakit), soalnya kalo takut hujan………. ga bakalan nyampe2. 😀

  9. redesya says:

    @qizinklaziva

    tempat bapak kena banjir?

    @Mr. Momod

    yup..,betul sekali…
    Tapi kalau hujannya di sertai petir mendingan berteduh dulu…

  10. renxe says:

    bagiku hujan bisa menyenangkan bisa tidak menyenangkan

    menyenangkan :
    pas di rumah dan ga ada niat keluar. paling enak merenung mendengarkan suara teratur bunyi air hujan…rasanya nyaman sekali sampai2 terkantuk dan akhirnya ketiduran…

    tidak menyenangkan :
    ketika harus berangkat kantor atau ada acara keluar….bisa jadi batal semuanya..

    hujan2an kalo tubuh fit tentu ga akan semudah itu kena flu ^^

  11. hujan di sebuah kota bisa menjadi manfaat atau bisa juga membuat bencana. tergantung bagaimana kearifan dari warga kotanya untuk bersikap kepada kotanya.
    untuk itu sebagai blogger, mba red saya undang tentang wacana manfaat blogger bagi kotanya. silakan memberikan komen dan link artikel tentang kota di

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/11/07/blogger-and-the-city/

  12. Di tema postingan seperti ini harusnya ada ukht Afra Afifah, kakaknya Dalila Sadida…
    Tapi mana dia ya?:mrgreen:

    hampir mirip dengan pemikiran saya selama ini.
    saya selalu merasa tidak enak akan datangnya hujan.
    padahal hujan itu rahmat, dan ada doanya pula ketika turun hujan…

    mungkin saya kurang mensyukuri rahmat itu.

    harus hadapi hujan dengan hati yang gembira!

  13. indo says:

    Udah kapok mandio hujan lagi….takut kena flu😀

  14. indo says:

    *koreksi…

    Mandi…:D

  15. thevemo™ says:

    waktu kecil..pas hujan..lari ke pancuran di samping rumah, terus lari ke selokan yang di semen dan menurun..maen sama teman teman..asyiknya..balik ke rumah..kena marah

  16. Red Dog says:

    Owh iya, kenapa kalau kita mandi hujan setelahnya bisa kena flu ya? Apa ada yang bisa jelaskan?

    masuka angin mba😀

    btw emang skarang dah musim hujan ya?

  17. Tuyi says:

    emang dah musimnya, mau gimana lage…

  18. septarius says:

    kenapa bisa flu ya Sya
    jadi gini Sya di karenakan suhu air hujan yang dingin
    lebih dingin di banding suhu tubuh, sehingga mengganggu
    keseimbangan metabolisme dalam tubuh, lalu aliran darah
    jadi terganggu.
    akhirnya suhu tubuh jadi tidak seimbang, panas dingin
    dikarenakan keadaan tidak fit makanya jd beler/ingusan deh
    gitu kira-kira Sya 🙄

  19. dion says:

    ujan itu nyenengin asal timingnya harus pas,betul….????

  20. redesya says:

    @renxe

    wah bener juga kak…

    @tren di bandung

    bagiku hujan tetap merupakan anugrah yang indah…

    @ghani arasyid

    Kalau kak Afra cuma pernah maen ke sini sekali doank..
    nah kalau kak dida sering ke sini, tapi koq lama nggak datang ya…

    Iya, kita harus sambut hujan dengan hati yang gembira…

    @indo

    Ah…, nggak kapok tuh…
    btw di Belanda hujannya kayak di Indonesia nggak?

    @thevemo

    hahaha, waktu kecil bandel juga ya…

    @Red Dog

    Owh, masuk angin?

    Lagi musim hujan…, ya iya lah, masak ya iya dong..

    @Tuyi

    Ya kita syukuri

    @septarius

    owh gitu…
    thx ya…

    @dion

    mang timing yang pas saat gimana?

  21. achoey says:

    hujan deras
    namun gerimis di hatiku
    saat hujan aku sering merindu
    akan ibuku nun jauh di sana

  22. redesya says:

    Hujan sering membuat hati jadi merindu…

    Tengoklah Ibu kalau ada waktu
    agar hati tak lagi merindu…

  23. andik wahyu says:

    hujan bagiku adalah merupakan suatu rahmat dari tuhan, oleh karena itu kita harus bersyukur gitu lho.

  24. nay says:

    aku suka ujan =)

  25. redesya says:

    iya…
    aku juga suka hujan…

Leave a Reply

