Datang Untuk Pergi dan Pergi Untuk Kembali

Pada hakikatnya kita ini datang hanya untuk pergi, seperti aku yang datang kembali ke kotaku ini. Keadaannya masih sama sperti ketika aku pergi, tak ada yang berubah. Kota ini masih terjebak pada permasalahan yang tak kunjung selesai dan belum ada solusinya, yah… rob yang menggenangi jalanan seolah sudah menjadi ciri khas di kota ini. Untung saja aku tinggal di daerah yang aman dan jauh dari genangan.

Liburan kali ini agak terasa beda , karena tidak ada kegiatan jadi ada banyak waktu bagi aku untuk baca surat kabar atau untuk menonton berita yang semakin membuat aku terusik. Bagaimana semakin kejamnya dunia ini. Ada banyak nyawa yang begitu mudahnya pergi . Banyak sekali kasus pembunuhan yang sadis menghiasi media-media di negri ini. Moral manusia sudah begitu parahnya. Ada yang baru saja datang sudah disuruh pergi karena kedatangannya tidak dikehendaki di dunia ini, seperti kasus-kasus bayi yang dibuang orang tuanya atau sengaja dibunuh.

Begitulah hidup ada yang datang dan pergi silih berganti. Kita tak pernah bisa memilih mau dilahirkan di mana dan sebagai apa. Kita juga tak bisa protes kalau saja kita dilahirkan di negara yang sedang berperang. Dan kali ini dunia sedang merasa berduka karena tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina. Aku sangat bersyukur sekali dilahirkan di sini. Tidak seperti ribuan rakyat Palestina yang meregang nyawa, ratusan anak harus kehilangan orang tua mereka. Ratusan wanita menjadi janda, ratusan orang harus kehilangan salah satu anggota tubuhnya. Kenapa harus ada perang?

Tak bisa kubayangkan andai saja aku terlahir dalam situasi seperti di sana. Tiap hari harus mendengar rentetan desir peluru, raungan bom yang menderu-deru, jerit tangis yang bikin pilu. Melihat anak-anak yang berlarian dengan wajah ketakutan. Dan jerit tangis mereka yang kesakitan. Selembar nyawa sangat berarti di sana. Tak bisa ku bayangkan jika aku terlahir sebagai sahabatku “B” yang tak pernah tidur karena harus berjaga-jaga. Setiap kudengar “B” bercerita ku bayangkan seolah aku berada di sana. Dan itu membuat aku semakin ngeri.” Sahabatku “B”, i will remember you like your name”, semoga Allah selalu melindungimu.

Bayi-bayi di sana hanya datang dan untuk pergi, karena beberapa saat setelah mereka datang mereka juga akan pergi lagi, bahkan dari mereka ada yang belum sempat mendengarkan tangisannya sudah keburu pergi. Entah kapan perang itu usai, kapan kedamaian akan tercipta di bumi Palestina, bumi dimana nabi Muhammad melakukan mi’raj, perjalanan malam dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsho Palestina, dan disanalah kiblat pertama bagi umat Islam dalam melakukan ibadah sholatnya. Dan dulu disana orang muslim, nasrani dan yahudi saling hidup berdampingan dengan damai dan saling mengasihi.

Kedamaian itu kini telah hilang semenjak bangsa barat datang ke negeri tersebut. Apalagi dengan adanya Zionisme (gerakan poloitik internasional yang berambisi menciptakan sebuah negara yahudi di Palestina) dan berhasil mendirikan negara yahudi Israel pada mei 1948 dengan merampas dan mengusir bangsa Palestina. Dan sampai sekarang perang itu belum usai. Mau sampai kapan negara itu bisa damai. Anak-anak bisa bermain dengan riang dan tak ada lagi jerit ketakutan. Tak ada lagi ratusan nyawa yang melayang. Dan mereka bisa datang untuk pergi dan pergi untuk kembali lagi.

Ini adalah surat buat Tuhanku

Ya Allah…

Engkau Tuhanku yang maha segalanya,maha mendengar setiap bait doa

kami ini begitu lemah tak berdaya, mendengar jerit pilu tangis mereka

wajah-wajah tak berdosa yang disana, berlari dengan riangnya

Lihatlah Tuhanku, peluru musuh lebih deras dari air hujan

sesaat kemudian semua luluh lantak tak bersisa

anak-anak kecil, ibu-ibu, nenek-nenek tua

semua jadi korban, bahkan ibu-ibu hamil tua juga

hanya dengan sekejap rumah mereka hancur

Allah Tuhanku

Lihatlah, tubuh-tubuh yang terbaring dengan pilu

bagai onggokan sampah, nyawa yang Engakau beri seperti tak berarti

Kami hanya mohon selamatkan mereka di akhirat kelak

berilah pertolongan kepada mereka

semoga surat ini bisa sampai kepada-Mu

This entry was posted in Kehidupan and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

52 Responses to Datang Untuk Pergi dan Pergi Untuk Kembali

  1. aji says:

    iya nih aku kehilangan marmutku aja sedih banget apalagi kehilangan manusia…

  2. Shofiyah says:

    Kq da orang aneh..,gmbr2 mayat dkoleksi?!
    Bsabar dlm ketaqwaan&amal sholeh.,
    Liat aj janji psti tlaksana hingga batu2 bicara

  3. Rawian kita rupanya senyawa, Desya.

    Namun ketahuilah: sampai hari kiamat, Timur Tengah takkan pernah berhenti bergejolak. Sampai hari kiamat.

  4. Bukan garda dpn perubahan says:

    Hari ni aku lht kmbali
    Wjh2 halus yg keras
    Yg brbcra ttg izzah&keadilan
    Dan aku dl bag dr mrk..,
    Hayuk atuh ngaji lg drpd aksi

  5. depz says:

    buat doanya
    Amieenn

  6. Shofiyah says:

    @aji
    Org yg aneh..,g akal bwt ku eh g blh blg aneh ding just unique
    Peace!

  7. rismaka says:

    Assalamu’alaikum.
    Salam kenal mbak redes… mampir ah…

    Hmm… jadi ingat kunjungan pertama saya di blog ini…hiks…. kunjungan pertama yang mem….

    sayang sekali…bayu ga ada di sini… seharusnya dia di atas saya sekarang…😦

    Maaf kalau saya nyampah koment di sini mbak red, saya hanya bingung hendak menuliskan surat untuk adik saya nan berada jauh di sana… tempat yang sangat jauh, yang hanya dapat dijangkau oleh hati dan perasaan saja.

    • radesya says:

      Alaikumsalam…
      Salam kenal juga..🙂

      Owh iya, ni kak bayu ke mana ya, lama nggak maen…

      Mang adiknya di mana kak? Kan bisa kirim mail, begitu jauhkah?
      Kalau hanya dapat dijangkau oleh hati dan perasaan, berarti kalian sangat dekat namanya..

    • bayu200687 says:

      heleh-heleh..
      kangen ma aq ya bro…?
      kyahahahaha
      maaf bro…lagi jarang nyampah di blogsphere…
      kangen juga c sebenernya tukar menukar sampah…😀
      ga tahu nih, lagi ga mood ajah…
      hiks…

  8. han han says:

    Stop War….!!!

    Peace……😀

  9. Hejis says:

    Nurani pun terbungkam melihat polah tingkah manusia yang kejam.

    Pulangnya ke Smrg ya, mbak Ra?😀

  10. pagi sahabat……………
    salam hangat selalu

  11. aji says:

    aku tak mengerti apa maksud sebenarnya israel menyerang palestina…. errr memang c aku gak pernah nonton tv… apa memang karena zionisme itu?

    • shofiyah says:

      israel bukan yahudi

      • 7th Admin says:

        Maaf mbak, mungkin bisa dijelaskan secara rinci mengapa ga boleh menyebut yahudi dg israel.. Hal ini bisa menimbulkan persepsi yang salah pada orang2 yg belum mengetahuinya. Mungkin mbak bisa menggunakan PC (bukan hp) utk menulisnya agar bisa jelas baik scara penulisan maupun pemahaman. Terima kasih (bukan thx)

      • radesya says:

        hahaha…

        bukan Thx????

    • radesya says:

      maaf, baru balas pertanyaan kamu sekarang karena hari-hari kemaren banyak tugas. maksud israel menyerang Palestina kan?

      Timur tengah itu tempat berasalnya tiga agama samawi yaitu Yahudi, Nasrani dan Islam. Dan sebagai tempat suci ketiga agama tersebut. Yahudi memegang keyakinan untuk meraih kembali tanah perjanjian (Palestina) yang dijanjikan Yahwe(sebutan Tuhan bagi Yahudi) sebagai tanah air mereka. Israel tidak mau mengulang kembali masa diaspora, masa dimana bangsa Israel tercerai-berai tanpa tanah air. Israel bersikap keras pada politik Hamas karena bersikeras mencantumkan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina. Nah masalahnya semakin rumit sejak campur tangan bangsa barat, terutama Amerika yang selalu membela Israel. Kira-kira seperti itu, mungkin ada yang bisa menjelaskan secara detail?

  12. septa says:

    aku ngerti apa yg kamu rasakan Ra…

    banyak kesedihan di bumi ini

    banyak penderitaan di dunia ini

    pembunuhan, penyiksaan, pemerkosaan,pelecehan

    gak ada habis-habisnya…..

  13. surat yang indah🙂

  14. achoey says:

    Suratmu indah

    Pantas jika daku mengagumimu🙂

  15. heri says:

    ALlahumma Unshuril Mujahidina fi filistiiin
    ALlahumma Unshuril Mujahidina fi filistiiin
    ALlahumma Unshuril Mujahidina fi filistiiin

  16. oRiDo™ says:

    semoga kehancuran ditimpakan kepada israel…
    ya Allah… hamba tidak bisa melakukan apa2 selain berdoa dan berbuat sebisa hamba…
    alhamdulillah…
    telah selesei screensaver dan wallpaper SAVE PALESTINE yang dapat di donlod di blog aku…
    monggo mampir..

  17. qizink says:

    Kalau dah dapat surat balasan dari Tuhan, bilang2 ya!!😀

  18. Aling says:

    Semoga Tuhan cepat memberikan mujizat buat Palestina, sebuah kedamaian dan kemerdekaan.

    Stop perang!!!stop anarkis!!!

  19. itmam says:

    semoga doa kita terkabul… Amiiin…
    STOP WAR….!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s