Kasih dan Sayang

Valentine, aku tak tau pasti apa itu valentine, yang aku tau valentine itu hari kasih sayang. Entah mulai kapan dan dari mana valentine itu bermula. Sejak dulu aku tak pernah yang merayakan hari kasih sayang itu. Yang masih ku ingat setiap tanggal 14 februari aku selalu mendapat banyak hadiah dari teman-teman. Padahal mereka juga tidak tau pasti apa itu valentine. Banyak orang yang tidak tau asal-usul kata itu jadi valentine kerap disalah artikan . Menurutku kasih sayang itu ditujukan pada semua makhluk ciptaan-Nya. Dan bukan di bulan Februari saja. Setiap hari bukankah kita harus saling menyayangi? Kadang banyak orang yang tak mengerti arti kasih sayang dan cinta .

Keagungan sebuah kata dapat disiratkan lewat syair para pujangga, namun terkadang tidak bisa digambarkan oleh bahasa dunia, kiasan hanyalah not-not akhir dari sebuah goresan pena yang menari-nari di atas sebingkai wajah. Begitulah cinta dan kasih sayang, terindah diantara yang indah dan tercantik diantara isi jagad raya. Kasih sayang di dalamnya memancarkan gemerlap damai bahagia, seperti pagi dan rona merah atau senja dengan lembayung jingga.

Seribu angan dan mimpi yang dibangun sepanjang hari adalah nyanyian abadi karena kasih sayang dan cinta hanya bisa dirasakan dengan membuka hati….. romantis sekali, cinta bukan opera, cinta juga bukan gesekan biola meski mereka selalu bersama. Kehidupan ini untuk dicintai dan hidup ini untuk mencintai. Bukankah cinta dihidupkan dalam kehidupan agar kasih sayang punya arti dan ketulusan dapat dihargai..

Kasih sayang adalah simbol kemenangan melawan kesombongan, bukan roman picisan yang senandungkan kasih sayang semalam. Mungkin juga sejarah mempertahankan fitrah manusia akan cinta dan kesucian…., ironi sekali bila kasih sayang disalah artikan, dan kalian para remaja harus mengerti dan memahami makna kasih sayang. Hari Valentine itu Cuma tradisi, kita jangan sampai terbius dan hanya ikut-ikutan memamerkan kasih sayang itu. Bahkan ada banyak cerita yang ada di sekitar kita yang menjadikan momen hari kasih sayang ini untuk berbuat amoral, hmm….., jangan sampai deh!

Kasih sayang dan cinta memang sangat penting dalam hidup ini makanya perlu dijaga agar tidak lenyap dan yang lebih penting lagi memaknai kasih sayang dan mempertahankannya secara benar biar tidak nyasar. Kasih sayang itu indah, bayangkan saja bila hidup ini tidak ada kasih sayang dan cinta, mungkin yang ada hidup kita akan melulu ribut dan perang. Maka dari itu kasih sayang memang sepenuhnya diperlukan dalam hidup untuk menggapai kebahagiaan bukan kesenangan semu belaka. Ingat ya, jangan sampai kasih sayang itu ternoda oleh sikap kita yang masih suka ngumbar pergaulan liar dengan lawan jenis. Itu tidak boleh terjadi, tidak boleh!

Dalam pergaulan memang harus dilandasi rasa kasih sayang. Kasih sayang itu ibarat pintu dan jendela dalam rumah kita. Bayangkan saja bila rumah kalian tanpa pintu dan jendela, pasti sangat panas dan pengap, kita tidak bisa bernafas bukan? Untuk itu jagalah pintu dan jendela itu dengan benar. Kasih sayang yang dimaknai secara benar dan dipraktekkan secara benar pula pastilah akan membuahkan kebahagiaan. Dan ingat juga , mungkin sebaiknya kita tidak ikut-ikutan merayakan moment itu, bila hanya akan menambah dosa, jaga diri kita sebaik mungkin terutama bagi yang cewek. Jangan sampai kita terjerumus ke dalam dosa.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

31 Responses to Kasih dan Sayang

  1. septa says:

    pagi Rara

    salam kasih dan sayang🙂

    hai Sep..

    salam kasih dan sayang juga ya…

  2. INDAH REPHI says:

    buatku..setiap hari adalah hari kasih sayang🙂

    iya, aku juga beranggapan demikian

  3. Shofiyah says:

    Assalamu’alaykum
    Dek desya..,
    Tinggal qt berusaha jadikan tiap hari adalah hr kasih sayang..,
    Salam sayang dek.,

    Alaikumsalam kak

    iya kak
    salam sayang juga

  4. Ratna says:

    Hayo-hayo semua! apa ada yg merasa tersindir?
    untuk hal yg lbh baik dan positif msh ada kesempatan waktu untuk memperbaiki diri dgn insaf lho…

    ya,betul bwt para cewek haruslah pandai2 menjaga diri,tahu diri serta kondisi ya…

    terutama menjaga martabat dan Martabak sebagai seorang wanita…

    hiks..! biar tdk di gondol kucing..,hehehe

    btw,bwt yg pny blog salam kenal ya…

    nice blog…

    hehehe…, mari berbuat lebih baik lagi ya…
    menjadi seorang wanita itu harus mampu menjaga kehormatannya

    salam kenal juga

  5. Omiyan says:

    valentin ntah siapa yang mulai dan buat saya tidak ada yang namanya hari valentine karena sesungguhnya semua hari itu adalah kasih sayang…

    setiap hari kita disuguhi ladang amal kepada kita …infaq shodaqoh dan amal jariyah…tiulah wujud dari sebuah kasih sayang….

    iya Om…

    setuju banget deh…

  6. yoan says:

    hehehe…. ya gitu lah manusia, sepertinya masih banyak yang perlu simbol ‘valentine day’ buat mengingat, merasa, dan mengungkapkan kasih sayang.

    padahal kasih sayang itu kan insting. gak perlu ada hari khusus buat mengingat, merasa, dan mengungkapakan nya…

    salamkenal!🙂

    yup! setuju banget !
    di indo cuma ikut-ikutan ja, jarang yang tau apa itu valentine sesungguhnya

    salam kenal juga🙂

  7. bang diod says:

    pelentin ya ???

    apaan tuh bos ???

    kaga ngerti ane…

    cuma negor n ade post baru di blog ane

    apaan ya…, ku nggak tau tuh

  8. cipzto says:

    kasih sayang itu tdk terbatas pd waktu
    valentine itu tradisi PAGAN, untuk apa kita rayain

    iya kak

  9. haha lucu juga artikel ini. gini, di indo tuh ya gak perlu ML nunggu valentine… temenku kalo pengen ML kapan aja bisa… di indo sekarang dah biasa banget. liat, gak ada kan teman kamu yang comment, kalo ada juga komen gak nyambung… well, apalagi mereka yang udah pacaran.. jadi malu sendiri mau komen disini..

    • radesya says:

      Masak lucu sih? Aku kan hanya berpendapat, jadi seperti itukah anak Indo? Semoga kakak tidak kayak temannya itu ya…, jadilah anak Indo yang baik, dan ku yakin kakak orang baik koq
      koment? Biar ja temenku nggak koment, yang penting aku dah nulis pendapat aku, yah itu terserah pembaca mau terima apa tidak

  10. geRrilyawan says:

    mengasihi dan menyayangi nggak cuma satu hari ini aja tokh…
    ya masalahnya manusia punya nafsu, itu aja yang harus dikendalikan…

    iya kak, harus mampu mengendalikan nafsu

  11. The Dexter says:

    Setiap detik aku mengayunkan langkah demi cinta terkasih yang menungguku… Terima kasih ya… Salam kenal juga dari admin taman baca.

    terima kasih juga ya
    salam kenal juga kakak🙂

  12. shavaat says:

    setuju, Ra!

    yup! kakak dah pulang?

  13. torik says:

    ngapain kasih saya nunggu hari valentin ga jaman kali… justru kita di ajarkan untuk saling menyayangi sepajang masa….ok salam kenal dan salam sukses

    iya, aku setuju
    salam kenal juga ya…

  14. goenoeng says:

    Desya, aku berkunjung cuma mau bilang, ‘haiiii…’
    kabar baik ?

    hehe, sudah terlalu banyak hari ini yg berbincang tentang kasih dan sayang…

    Alhamdulillah kak Goen, Desya baik-baik saja..
    iya kak…

  15. semakin lama semakin menyegarkan postingan cemerlangmu,sahabat dan blue suka
    salam hangat selalu
    met valentine

    thx Blue…

    salam hangat juga ya..

  16. Ya … mungkin ada orang yang terlalu sibuk hingga perlu merayakan kasih sayang.

    Dengan menyapa Red di sini, bisa setiap saat dan tidak dilarang, sudah merupakan kasih dan sayang.

    Bukalah pintu dan jendela … kasih dan sayang tidak berbeda dengan udara yang kita hirup setiap hari.

    senang sekali Bapak mau menyapa aku….
    aku akan buka pintu dan jendela lebar-lebar Pak, agar udara bisa masuk dengan sempurna, tapi harus hati-hati juga kan…

  17. antowi says:

    Ada beberapa alasan untuk tidak merayakan valentine :
    1. Tidak sesuai dengan tradisi atau ajaran agamanya
    2. Yang diyakini mengajarkan bahwa kasih sayang itu harus dilakukan tiap hari. Sudahkah anda mengasihi orang lain hari ini?
    3. Alasan untuk menghibur diri karena menyandang predikat JOMBLO he he he😀

    iya Pak…, aku setuju..
    setiap hari harus saling menyayangi

    masih jomblo ya Pak..😀

  18. iwan says:

    wah aq berdoa moga kaka kagak kayak teman kaka itu…..
    moga kakak kayak orang indo yang lainnya,…….
    god luck yah….

    thx ya…, aku juga berdoa buat kamu deh…
    semoga kamu jadi orang baik..

  19. senoaji says:

    wuahhhhh… p-de lagi… valentine pro dan kontra nya seru juga, bisa berreferensi disini, jadi kalo ada yang gak setuju dengan p-de sok mari kita ramekan seheboh valentine adalah hari sumpah pemuda [zzzzzzz… hei! bangun!, weks aku tertidur toh!] *kabuurrrr*

    hahaha, udah bangun kak? jangan kabur dunk…

  20. Tulisanmu seperti wejangan Mbah Putri pada cucunya.

    dan kakak cucunya mbah putri

  21. zediens says:

    kamu memang pintar…
    jangan perna putus asa ya?…

    ah…, aku mah masih bodoh…

  22. mrs.children says:

    wah redesya.. setuju banget sama pendapat kamu ^^ hehe

    nice post🙂

    thx kak…, wah lama tak berkunjung ya…

  23. RenXe says:

    Bukan ikut memperingati valentine, tapi mengambil momennya untuk menunjukkan kasih sayang.

    Seperti halnya hari ibu, dimana di hari itu kita tunjukkan kasih sayang kita ke ibu, namun bukankah seharusnya setiap hari adalah hari ibu?

    Mari berpikir positif. Tak terkecuali dalam menyikapi hari valentine. Yang penting, jangan isi hari itu dengan segala hal yang bermakna negatif…

    begitukah?

  24. HERU says:

    Valentine? Menurut pnetahuan saya tentang valentine. Valentine itu drayakan pertma kali oleh seorang pastur. Bukan mksud membeda-bedakan Agama. Tetapi emang tradisi setiap agama tidak harus sama. Saya sebagai seorang muslim, menyerukan kpada kaum muslim. Bahwa agama kita berbda dengan agama lain dan sebaliknya. Ingatlah bahwa menyerukan pendapat bijak lebih baik daripada ikut-ikutan dan akhirnya terjebak pendapat yang bertentangan! Satu hal yang saya serukan, “Pendapat boleh beda, tetapi musti tahu keteraturan dalam menyampaikan pendapat adalah yang terbaik”. Selamat merayakan hari valentine bagi yang merayakan dan Assallamuallaikum umat muslim?

    Iya kak, pendapat boleh beda kan?

    aku muslim, So, aku jawab Alaikumussalam….

    • gini lho… bukan membela salah satu agama ya, semua mungkin berawal dari mindset. misalnya begini… ayo kita pergi ke jepang, negaranya YUI tercinta hohoho… mereka disana mayoritas shinto dan buddha. Mereka juga ikut merayakan natal lho, namun dengan esensi yang berbeda… saling memberi hadiah atau merayakan liburan itu dengan keluarga misalnya… so, semua itu goes back to kalian semua lah…

  25. Betul betul betul!!! artikel ini memang betul! melarang percabulan ketika belum ada ikatan suci bukan merupakan sesuatu yang kolot dan ketinggalan zaman! sadarlah manusia, engkau hidup dengan tujuan mematuhi perintahnya dan menjauhi larangannya, bukan begitu yang diajarkan semua agama? ingat! percabulan itu dosa! bertobatlah!

  26. zediens says:

    jangan pernah menyerah & di kembangkan lagi ya…..
    bagus banget?…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s