Mengatasi Penderitaan

Akhir-akhir ini banyak sekali yang aku pikirkan, segudang tugas dan banyak sekali persoalan hidup yang mengganjal dan memenuhi memori otakku. Kurasakan betapa berat menjalani hidup ini, sejauh mata memandang rasanya kok manusia itu cuma dilahirkan untuk melihat derita dan berbagai masalah. Tengok dunia sebelah sana, di jalur Gaza banyak anak-anak yang menderita akibat perang, tengok lagi di ujung dunia sebelah sana banyak orang-orang yang kelaparan. Dan yang ada di kota ini, banyak aku jumpai anak yang masih bayi diajak meminta-minta, keterlaluan! Masih bayi harus sudah merasakan derita, kehujanan, kepanasan, mungkin juga kelaparan. Dan ini menambah daftar panjang persoalan hidup manusia yang sambung-menyambung tak kunjung usai. Sejak masih bayi seperti itu sudah merasakan persoalan hidup dan mungkin sampai dia dewasa nanti.

Tapi Tuhan itu maha adil, bukankah hidup itu tidak melulu berisi kesedihan dan penderitaan? Ada derita tapi juga ada kebahagiaan. Aku tak bisa bayangkan andai hidup ini melulu penuh penderitaan dan kesedihan, pasti begitu lahir kita langsung mati. Maka antara derita dan bahagia itu pasti seimbang, kadang kita menangis kadang pula kita tertawa. Semua itu dibagi secara seimbang. Tapi sayang sekali banyak orang yang memilih mati karena tak kuat menanggung derita, contohnya banyak sekali, dari koran yang sering aku baca atau berita-berita di televisi banyak orang yang memilih bunuh diri karena tak kuat menanggung penderitaan yang tiada habisnya itu. Dan berita bagusnya, lebih banyak lagi orang yang memilih untuk terus hidup menghadapi derita dan takut untuk mati.

Kalau saja mau, orang mudah sekali untuk mendapatkan kegembiraan dan kebahagiaan, karena kegembiraan itu jumlahnya tak terhingga banyaknya. Dan kita tinggal memungutnya saja atau meraihnya dengan sangat mudah. Salah satu caranya adalah dengan menghibur diri sendiri. Dengan menghibur diri sendiri bisa menolong kita dari berbagai macam masalah dan persoalan hidup. Dan aku sering sekali melakukannya, aku sering menghibur diri sendiri saat terjadi masalah atau sedang sedih. Misalnya saja, waktu itu aku baru kehilangan sepeda, padahal sepeda itu aku beli dengan uang aku sendiri dan baru saja aku membelinya, padahal aku sudah lama ingin memiliki sepeda itu, aku jadi giat menabung saat itu. Tapi sayang sekali baru satu minggu pakai sudah dicuri orang, padahal aku lagi senang-senangnya menaikinya. Saat itu hatiku sangat sedih sekali, mulailah aku menghibur diri sendiri, aku naik ke atap dan memandang langit yang luas di atas sana. Wah betapa luas dan indah, seketika sakit hatiku jadi hilang, dan aku membayangkan, “ah…, sepeda itu tidak ada artinya sama sekali bagiku, mungkin orang yang mencuri sepedaku lebih membutuhkannya”, dan aku juga berhayal aku bisa membelinya lagi dengan yang lebih mahal, atau kalau aku sudah kerja aku bisa memborong sepuluh sepeda sekaligus. Dengan hanya menghayal saja aku sudah bisa tersenyum dan merasakan kegembiraan.

Mudah sekali kan untuk merasakan kegembiraan. So, bagi kalian yang merasakan derita karena berbagai macam persoalan hidup, hiburlah diri sendiri, rasakanlah kegembiraan itu pasti datang. Tapi ingat ya, jangan menghibur diri dengan cara yang tidak benar, karena akibatnya bukan kegembiraan yang didapat, tapi malah penderitaan. Kegembiraan itu bisa diraih dengan cara yang sangat mudah, dan setiap ada penderitaan pasti selalu datang kegembiraan.

This entry was posted in Kehidupan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Mengatasi Penderitaan

  1. kezedot says:

    hai..selamat malam

    untung q dan blue tak begitu senang dengan derita namun kalau sakit baru dech.hibur diri di pegunungan dan air terjun
    salam hangat selalu
    datang ya ke rumah blue atau ke apartemandnya blue

    hai juga…
    selamat malam blue…

    wah, bener tuh, datang ke pegunungan memberikan kesejukan hati lho…

  2. Pingback: Gaza » Blog Archive » Mengatasi Penderitaan

  3. mengatasi penderitaan adalah dengan mati. tapi jangan mati yang menyiksa. dan karena bunuh diri adalah dosa, jadi yang paling bagus untuk dilakukan adalah berharap kiamat cepat datang. dengan begitu kita mati terbunuh… hahaha kiamat datanglah, ku pengen cepat mati. dunia manusia nyebelin…

    • eh nambahin lagi… kebahagiaan terbesar itu kematian. kematian itu indah… kenapa sedih kalo seseorang meninggal? dia pasti orang paling beruntung karena bisa meninggal sebelum jadi terlalu tua. ku berharap besok atau lusa bisa mati… ku penasaran Tuhan tuh kayak apa…

      • radesya says:

        iya, aku setuju, bunuh diri itu dosa, bahkan dosanya tidak terampuni.., kamu pingin cepet kiamat? apa dah siap?

        kamu udah bosan hidup kah? sebenarnya ku juga ingin mati muda sih, tapi aku takut masuk neraka, semoga saja kalau besok aku mati, aku bisa masuk surga, aku ingin mati dengan cara yang baik (khusnul khotimah) so, aku bisa masuk surga deh… amien…

      • kamu mati skarang juga pasti masuk surga… apa sih dosa kamu? dikit banget kan..

      • nafisa says:

        @bukan cowok sejati : sudah berapa banyak pahala yang kamu siapkan untuk melanjutkan perjalanan yang lebih panjang(kematian)????
        sudah siapkah kamu ??? kalo kamu bilang kematian ituu indah, apakah kamu sudah pernah mengalaminya???

  4. septa says:

    di obatin pake SENYUM ra🙂

    iya Sep…
    kau tak lihat senyumku? manis kan?🙂

  5. hidup dinikmati saja. Setuju dengan Septa, senyum adalah obat manjur. Senyum yuk…!!!! nah plong kan…!!!!!!

    Iya Pak…
    mari kita menikmati hidup dengan senyuman….

  6. shofiyah says:

    Assalamu’alaykum
    hmmm
    ayoh kita buat dunia tersenyum
    SEMANGAT SEMANGAT

    Iya kak…
    buat dunia tersenyum🙂

  7. septa says:

    alow teman-teman blogger…ikutan 3rd IBSN Blog award yuk..

    silahkan daftarkan url artikel disini

    keterangan yang lebih lanjut bisa dilihat disini

    akhir pandaftaran artikel 25 Maret ‘09 jam 23.59 wib..

    IBSN = Berbagi Tak Pernah Rugi ^_^

    by. komporizer tim : septa 🙂

    Ayo…ayo…

    siapa yang mo ikutan….

  8. kezedot says:

    gimana cabar malam minggu ini
    semoga menyenangkan ya
    salam hangat selalu

    kabar baik sahabat….
    Thx ya…

    salam hangat juga…

  9. AL says:

    Desya, tikunys lucu banget!!!

    Iya Tante…., itu namanya hamster, baru kemaren di kasih kakak, suruh dipelihara gitu…🙂

  10. itmam says:

    aku lagi menghibur diriku [blogwalking]😀

  11. itmam says:

    orang bijak adalah, dia yang selalu bisa menempatkan dirinya saat kehidupan berputar bagai siang dan malam

  12. tandud says:

    bener tuh,,,

    stiap kesedihan ntu pasti ada kesenangannya,,,
    Jadi,,

    Yg mao bunuh diri ntu org bego,,
    HEheheh,,,,

    makasih ya dah mampir k blog tandud,,,

    sori,,,
    tandud kira radesya ntu cowok,,,
    hehehe,,,

    maap yahh,,,

  13. faiq says:

    ayo hidup dengan bahagia, jangan membuat diri sendiri menderita…

  14. bedh says:

    bahagia dengan menghibur diri sendiri?
    hmmm keknya patut di coba🙂

    thx buat tipsnya.

  15. kezedot says:

    segalanya pasti menyenangkan hari ini,sob..
    salam hangat selalu dari blue

  16. abindut says:

    Wow salut saya cara kamu menyikapi hidup ini…

  17. Cengkunek says:

    cara atasi penderitaan: senyum & optimis
    semua pasti ada hikmahnya

  18. geRrilyawan says:

    optimis prime pokoknya…😀
    positip tingking deh…..

  19. star says:

    Hi Friend.. Interesting post.. Keep up the good work.. Do visit my blog and post your comments.. Take care mate.. Cheers!!!

  20. shofiyah says:

    Assalamu’alaykum
    SELAMAT anda termasuk orang yang berhasil menerima anugrah award dapat diambil di http://utrunjah.wordpress.com/2009/02/23/award-pertamaku/
    pengumuman selesai

  21. depz says:

    setuju des
    berpikir positif
    semangat
    berdoa
    smua akan lebih baik
    amien🙂

  22. kezedot says:

    sobat………….
    di parkiran blue datang dan di musimnya pun blue hadir
    salam hangat dalam dua musimnya blue ya

  23. radesya says:

    @Itmam

    silahkan menghibur diri kak..

    yup bener baget..

    @Tandud
    iya bener banget!
    iya, aku itu cewek bukan cowok😀

    @Faiq
    ayo…,ayo!!!, kita hidup bahagia ya…

    @Bedh
    silahkan coba….🙂

    @Kezedot
    iya sahabat…
    salam hangat juga…

    @Abindut

    Thx kakak…

    @Cengkunek

    maka dari itu, tersenyumlah🙂

    @GerRilyawan

    Yup…, bener kak..

    @Star
    thx…

    @Shofiyah
    thx kak Shofi…

    @Depz
    Yup kak Depz
    semangat juga ya…

    @Kezedot

    hehehe, iya blue…
    salam hangat juga…

  24. kahfinyster says:

    duh,,kalo maen kesini,rasanya pengin maenin hamsternya terus,,😀

  25. kahfinyster says:

    hiburlah diri dengan cara yg baik,,😀

  26. genial says:

    wahhh… komen saya tadi ilang😦

  27. radesya says:

    @kahfinyster
    hehehe..
    Hamsternya lucu ya..😀

    yup.., harus dengan cara yg baik

    @Genial
    lho, ilang kemana?
    Aku bantu cariin ya..

    Cep.. cep..
    Jangan nangis, ku nggak punya permen lho

    nah, ini ada🙂

  28. RenXe says:

    justru masalah demi masalah itulah yang membuat manusia itu hidup ra…. ^^ kalo hidup tanpa masalah itu namanya ga ada seninya.😀
    semangat ya ra..!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s