Ingin Menjadi Pohon

pohon

Masih ingatkah ceritaku disini? Sebenarnya aku memang ingin sekali menjadi pohon. Keinginan itu muncul begitu saja saat kulihat pohon-pohon yang rindang di kampusku yang sejuk ini. Juga dalam setiap perjalanan pendakian yang aku lalui. Bagiku pohon itu sangat indah dengan daun-daunnya yang rindang. Bukannya aku tidak bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan padaku. Aku sangat bersyukur terlahir menjadi manusia, karena manusia itu makhluk yang paling sempurna dan paling tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk lainnya. Dan aku sangat bersyukur sekali dengan apa yang diciptakan Tuhan untukku. Aku sangat beruntung sekali dengan pemberian Tuhan ini. Sungguh Alloh maha besar.

Aku hanya ingin berhayal, mungkin kedengarannya sangat konyol sekali. Aku memang termasuk yang konyol dan aneh. Bahkan aku juga sering berhayal menjadi kupu-kupu, menjadi burung atau menjadi bidadari yang bisa terbang. Aku bisa mengelilingi dunia dan bisa bebas terbang setinggi-tingginya seperti tanpa beban. Lihatlah burung-burung itu, dia terbang dengan sangat riangnya. Tapi saat ini aku lagi ingin menjadi pohon, jadi kita akan berbicara tentang pohon.

Kenapa aku ingin menjadi pohon? Padahal pohon itu tidak bisa berjalan, dia juga tidak bisa berlari. Tapi lihatlah pohon-pohon yang ada di pegunungan, atau pohon-pohon di sekitar tempat kalian.Ia tumbuh dan mengakar sangat kuat. Dan kalau aku jadi pohon aku akan mengakar sangat kuat pada tanah yang aku pijak. Tak akan tergoyahkan, meskipun badai topan menerpa. Pohon itu akan terus tumbuh tinggi dan besar, ia akan memiliki banyak daun, bunga dan buah yang lebat.

Pohon tidak perlu berjalan untuk mencari makanan karena ia bisa memproduksi makanannya sendiri.Tidak seperti burung atau ayam yang harus terbang dan berjalan untuki mencari makanan. Karena pohon bisa memasak makanannya lewat daun dengan bantuan sinar matahari (fotosintesis). Dan zat hijau daun (clorofil) akan sangat bermanfaat bagi kita. Pohon juga mampu mengahasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup semua makhluk. Pohon tidak akan pernah meninggalkan daun meskipun daun sering meninggalkan pohon.

Pohon yang tumbuh dengan rindang akan bisa menaungi tempat disekelilingnya. Pohon-pohon juga mampu menghalau banjir. Ia juga mampu memberi kesejukan dan keindahan bumi ini. Meskipun ia tak bisa berjalan tapi ia juga mampu memberi tumpangan hidup bagi makhluk lain. Lihatlah, di setiap pohon pasti banyak sarang burungnya. Meskipun tak bisa terbang, tetap sangat bermanfaat bukan?

So…, apa yang kita petik dari menjadi pohon? Pohon memang tidak sempurna dan memiliki kemampuan yang sangat terbatas, tidak bisa kemana-mana, tidak bisa berlari. Tapi kekurangan yang ada padanya tidak menjadikan alasan baginya untuk tetap berguna. Jadi siapa saja yang memiliki kekurangan dan keterbatasan, jadilah seperti pohon. Galilah potensi diri yang ada pada kalian. Dibalik kekurangan pasti ada kelebihan. Jadilah orang yang hebat meskipun dengan keterbatasan yang ada. Banyak sekali contoh yang bisa jadi semangat buat kita. Teruslah berkarya dan semangat!!!!

This entry was posted in Khayalan tingkat tinggi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

53 Responses to Ingin Menjadi Pohon

  1. wah padahal burung, pohon, dan kupu2 pengennya jadi manusia….

    ah iya kalo mau jadi pohon mending jangan di indonesia deh… banyak penebangan liar hahaha

    emang kamu tau kalau mereka ingin jadi manusia?
    hihihi…, trus di mana dunk?

  2. senoaji says:

    lho…, lho…, koment kamu ilang nih..
    sorry ku nggak tau penyebabnya…

  3. anto84 says:

    semoga sukses aja ya om

    hihihi, koq om lagi sih
    aku mah cewek atuh Pak…

  4. anto84 says:

    bikin hatrik ah

  5. itmam says:

    aku manusia lemah yang penuh dengan keterbatasan dan syarat akan kekurangan…😀

    aku juga kak…

  6. anto84 says:

    goaallllllllllllllllllllllllll…wah puas

  7. itmam says:

    tapi aku selalu berusaha untuk bangun dari keterpurukan
    menghadapi silaunya matahari
    menahan panas dan dinginnya musim
    agar aku tetap terlihat ceria di musim semi
    [*pohon mode ON*]

    wah, bener banget kak…
    biar tetap ceria di musim semi…

  8. itmam says:

    cyahhhhhh… mas anto menghalangi hattrickkkkk…😦

    ah kakak, jangan sedih ya…

  9. depz says:

    nice post dek

    “kekurangan yang ada padanya tidak menjadikan alasan baginya untuk tetap berguna”

    setuju banget

    thx kak…
    iya kak, kita tak boleh berkecil hati jika memiliki kekurangan, justru itu yang harus memacu semangat kita…

  10. kishandono says:

    kalo semoa orang jadi pohon, pohon jadi banyak dong….

    tanpa semua orang jadi pohon, pohon juga dah banyak koq…
    cuma manusia ja yang serakah, main tebang sembarangan

  11. Rian Xavier says:

    Yup. Kalo terinspirasi sama pohon, kita harus jadi orang yang bisa ‘menyejukkan’ orang lain.

    nah itu bener!!!

  12. Yogi says:

    enakan jadi manusia dech.
    bisa kemana-mana gitu… intinya bebas coy.

    aih Yogi…
    tentu saja…

  13. Ya … Ingin Menanam Pohon yang ingin menjadi pohon di atas. Boleh ya jika sudah jadi … di sini banyak lahan kritis.

    wah, biar aku jadi pohonnya Pak…
    tunggu aku ya lahan kritis..😀

  14. sparkzspot says:

    Hi Friend.. Interesting post.. Nice cool blog.. Keep up the good work.. I have added you to my blog roll.. Hope you too will add mine.. Do visit my blog and post your comments.. Take care mate.. Cheers!!!

    thx friend

  15. kahfinyster says:

    hhe,,kalo jadi po’on ga bisa ngeblog,, ga seru,,:mrgreen:

    yah…., tetep bisa koq😀

  16. HumorBendol says:

    Tapi…semakin tinggi pohon, terpaan angin semakin kencang.
    Semakin tinggi pohon, sambaran petir kemungkinan besar terjadi.
    So…???
    hehe….bingung ah….

    iya sih…

    lho bingung kenapa?

    • HumorBendol says:

      Bingung….kalo Radesya ditebang orang.
      Hiii….
      hehe…..

      hehehe…, kalau aku mo ditebang orang jangan boleh dunk…, ntar kasih tulisan ja “di larang ditebang”😀

  17. an9el says:

    jangan jadi ilalang karena km bisa menyakiti
    jangan jadi rumput karena kamu bisa di injak2
    jadilah pohon agar kamu bisa memberi keteduhan😀

    salam kenal

    yup…, bener baget!!
    aku bisa meneduhkan siapa ja

    salam kenal juga ya…

  18. marshmallow says:

    setiap makhluk diciptakan Allah tentu dengan kelebihan dan keterbatasannya, dan bagi manusia yang berakal, semuanya bisa dibaca sebagai ayat-ayat untuk semakin mengenal ilmu-Nya.

    bener tuh kata bukancowosejati, kalau desya emang ngotot banget pengen jadi pohon, sebaiknya jangan di indonesia. ntar sebelum maksimal kegunaannya udah ditebang buat dibangun rumah mewah, properti mahal, tongkat golf, dan yacht bagi orang-orang kaya.

    PS. aku udah kirim balasan email ke radesya. dibaca, ya?

    iya kak Hema…
    aku nggak begitu ngotot koq. itu cuma ungkapan ja kak
    pembalak liar itu mesti dihentikan ya kak..

    PS. kak thx ya…, ku udah baca🙂

  19. 'Adi says:

    Ku hanyalah kerikil di pinggir jalan. Tak akan ada yg peduli padaku, baik manusia, kucing, pun bahkan seekor burung… Akankah sebuah pohon peduli padaku?

    !$@
    🙂

    meskipun kerikil dia juga sangat berguna kak
    tau tidak kalau mo bikin rumah mesti ada kerikilnya juga buat campuran

    tentu kakl

  20. han han says:

    memang indah menjadi pohon semua bagian di tubuhnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia mulai dari daun, ranting, buah, batang bahkan sampai ke akarnya. Begitu pun dengan kita pa yang bisa kita berikan dari tubuh kita untuk orang lain mungkin berupa fisik, atau sekedar kata2 tuk menghibur, pola pikir dan banyak lagi kok…. hehehe…. boleh juga ungkapan ini “aku ingin menjadi pohon”

    iya kak, sebenernya ini cuma ungkapan sih, kalau manusia yang memiliki keterbatasan juga bisa bermanfaat gitu

  21. “Pohon yang tumbuh dengan rindang akan bisa menaungi tempat disekelilingnya. Pohon-pohon juga mampu menghalau banjir. Ia juga mampu memberi kesejukan dan keindahan bumi ini. Meskipun ia tak bisa berjalan tapi ia juga mampu memberi tumpangan hidup bagi makhluk lain. Lihatlah, di setiap pohon pasti banyak sarang burungnya. Meskipun tak bisa terbang, tetap sangat bermanfaat bukan?”

    Kaya ciri2 orang plegmatis😀 .

    hehehe…
    kak Agung bener tuh, aku memang plegmatis, cinta damai dan menyejukkan😉
    *narsis.com*

    • huhuhu…
      menyejukkan😛 .

      Sekalian mau ngetes trit komentarnya jalan apa ga.😀

      • Wah, thread comment-nya jalan.
        Kayaknya ini pake plugin WP Thread Comment (meski plugin yg lain bisa kaya gini jg😀 ).

        Klo kamu pake plugin sejenis ini, sebaiknya bales komentarnya pake tombol “replay” yg ada di bawah komentar yg mau dibales. Soalnya dg begitu org yg komentarnya kamu bales bakal dapat kiriman notifikasi di emailnya (tergantung setingan).

        ~sotoy nya dah selesai🙂 .

      • radesya says:

        Ah iya kak Agung, wah dapet kuliahan lagi nih, dapet setengah SKS🙂
        thx ya kak

  22. anto84 says:

    mampir nunut ngombe yo om

    ah…, koq om sih
    aku ni cewek Pak…
    silahkan!!!

  23. geRrilyawan says:

    jadi pohon itu musti nrimo…coba pohon apapun yang terjadi tetep berdiri disana kecuali ditebang atau dicabut…

    mau jadi pohon apa kamu?

    hahaha…, aku pingin jadi pohon apa ya….
    *mikir-mikir dulu ya*

  24. Hejis says:

    Mulai sekarang aku gak akan pipis di bawah pohon lagi…. wekekek….:mrgreen:

    aih…., ketauan nih…
    rupanya bapak yang pipisi pohonku kemaren😀
    pantes bau banget!!!!

  25. bokers says:

    okeh,,,,

    boker bakalan semangat lagi dah,,,,

    mas ada yang baru tuh di blog boker,,,

    mampir ya,,,

    oke bok…
    btw, aku nih cewek lho🙂

    tunggu ya…, ntar ku meluncur ke sana

  26. itmam says:

    aku ingin jadi pohon kamboja, yang selalu hidup diantara yang mati.
    aku ingin jadi pohon mawar, biarpun penuh duri disetiap tangkainya, tetapi selalu memberi keindahan.
    aku ingin jadi pohon beringin, yang berdiri kokoh ditengah kota, memberi kesejukan kepada penduduk metropolis.
    aku ingin jadi pohon kelapa, yang tinggi menjulang, biarpun angin menerpa.
    keinginan itu selalu tetap bersemayam, selagi ‘pemilik pohon sejati’ masih memberi nafas kehidupan.

    Iya kak, selama pemilik pohon sejati masih memberi nafas kehidupan, nafas ini adalah anugrah ya kak…, aku akan pergunakan dengan baik

  27. 'Adi says:

    Bagaimana klo menjadi batu aja?🙂

  28. radesya says:

    Semoga saja Tuhan mendengarnya
    aku ingin cepat-cepat jadi pohon, biarlah aku berhenti jadi manusia, pasti tak akan ada orang yang sakit hati gara-gara aku. Jadi pohon apa ja asal bisa merindangi…
    Dengarlah Tuhan…

    • 'Adi says:

      Apaan siy dek? Kamu tuh aneh2 aja. Jangan gitu. Bersyukurlah.

      1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun ,
      2. dan demi bukit Sinai ,
      3. dan demi kota (Mekah) ini yang aman,
      4. sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
      5. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka),
      6. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.
      7. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?
      8. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?
      [QS At Tin]

  29. quote “tapi kekurangan yang ada padanya tidak menjadikan alasan baginya untuk tetap berguna”
    ini yang paling kena di hati saya. biarpun kita tidak sempurna tapi dari stiap serpihan kehidupan yang kita miliki, kita dapat berbagi kebahagiaan dengan sesama.

  30. satu lagi… template blog nya keren euy…. mangtab, sejuk bgt.

  31. kahfinyster says:

    hmmm,,pa kabar nih?

    gue ada post baru tuh,,hhe,,

  32. goenoeng says:

    kalo aku, tak mau menjadi pohon.
    aku mau menjadi… kongklomerat yang bahagia !
    biar bisa lebih berguna buat sesama…😀

    apa kabar, Desya…

  33. Shofiyah says:

    Assalamu’alaykum
    Dek desya hapunten baru bs mampir,
    Hmmm pohon yah?!
    Klo an dl pngn terbang berkendara angin.,

  34. genial says:

    aQ ikutan menghayal sebentar yah sambil nunggu gerimis di luar mo pulang nih😦

  35. Shofiyah says:

    Assalamu’alaykum
    Tok tok shofiy berkunjung lagi sambil pamer senyum paling ceria buat dek desya😮

  36. Hejis says:

    Numpang berteduh ya, mbak Pohon…🙄

  37. septa says:

    kalo jadi pohon pengen jadi pohon bambu aja🙄

    banyak di manfaatin orang soalnya hihihi🙂

  38. yoan says:

    kalo di tes HTP (House – Tree – Person), pohon itu melambangkan ‘Ayah’…

    So…

    *taktaulagimaukomenapah…:D*

  39. kezedot says:

    selamat malam,bos
    se,pga menyenangkan harimu
    salam hangat6 dalam dua musimnya blue

  40. nisa says:

    wah, seru nih mbak! saya juga suka berkhayal kug, *toss dulu..* ,
    menjadi pohon,, ingin bermanfaat bagi makhluk lain..😀

  41. helley says:

    Pohon Minyak Zaitun , Delima Hitam dan Ara/Tin
    Ilmu Pengetahuan menyatakan bahwa pohon Zaitun , Pohon Delima Hitam dan pohon Ara/Tin, merupakan pohon yang berumur panjang untuk masa yang lebih dari seratus tahun. Ia menghasilkan buah secara terus-menerus tanpa harus menguras tenaga manusia, sebagaimana ia akan selalu nampak indah bila dipandang.
    Historycal Pohon Zaitun,Delima dan Ara/Tin tertulis pada buku suci ,Al-Quran, Injil dan Taurat. Dan banyak diriwayatkan oleh rasul-rasul Tuhan
    Berbagai penelitian ilmiah menyatakan bahwa buah Zaitun, Ara/Tin dan Delima tergolong zat makanan yang bagus. Di dalamnya terdapat kadar protein ,gizi dan anti oxidant yang besar, sebagaimana ia memiliki kadar garam yang mengandung kalsium, zat besi, dan fosfat. Ini merupakan zat-zat penting dan vital yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Disamping itu buah/daun/minyak/juice Zaitun,Ara/Tin dan Buah delima dapat digunakan sebagai anti infeksi organ dalam, seperti,ginjal,empedu dan mengandung senyawa koloid yang dapat membunuh sel-sel cancer.
    Allah berfirman,”Dan pohon yang (tumbuh) keluar dari Tursina, yang (pohon zaitun) itu menghasilkan minyak dan menjadi kuat bagi orang-orang yang makan.”

    Demikian pula di didalam hadits Rosululloh Sholallahu Alaihi Wassalam , beliau bersabda,”Hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena ia (minyak zaitun) berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR Abu Daud, disebutkan dalam Shahihul-Jami’ no 4921 dan menurut Syaikh Al Albani ini merupakan hadits shahih).
    Lihat profile dan artikel berbagai pengobatan dalam penggunaan pohon Zaitun,Delima hitam dan Tin/ara di :
    http://pohontin.blogspot.com
    http://pohonara.blogspot.com
    Call : 0816999638 or 08161882594 untuk koleksi pohon kesehatan keluarga anda

  42. Zulhaq says:

    smeua pasti ada alasan yang tepat kenapa rara menghayal jadi pohon. dan mungkin alasan itu lebih dair yang di tulis di atas.

    bener banget , semuaorang pasti memiliki kelebihna dan kekurangan. tinggal kita mau memanfaatkan dan menyikapi dengan baik atau nggak. terus berkarya, dan tetap semangat serta tersenyum🙂

  43. Pingback: Membelai Pohon « Radesya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s