Cerita di Balik Huruf "R"

Dari pada kepala pusing, tujuh keliling, mending aku posting….

Sebelumnya aku minta maaf, aku menulis ini tidak bermaksud apa-apa, hanya sekedar ingin menulis. Tak ada unsur mengejek atau menghina siapapun juga. So, kalau ada yang merasa tersakiti aku mohon maaf yang sebesar-besarnya. Mungkin tulisannya kacau dan tidak bermakna.

“R”, huruf itu tak asing lagi bagiku, karena disetiap aku menuliskan namaku, aku selalu menyertakan huruf R di dalamnya. Setidaknya ada empat huruf R di dalam namaku, mungkin juga terbiasa karena namaku dimulai dari huruf itu. Dan aku juga terbiasa saat diajari membaca Al-Qur’an. Kadang banyak anak yang tidak bisa mengucapkan R, bahkan ada orang dewasa juga tidak bisa mengucapkan dengan jelas. Dulu ada temen yang tak bisa mengucapkan huruf itu, hingga jadi bahan ledekan di sekolah. Kadang memang lucu sih, tapi tak sepantasnya kita menertawakannya. dalam namaku. Huruf R itu begitu istimewa bagiku. Saat aku kecil aku berusaha bersusah payah melafalkan huruf ini. Betapa aku ingin sekali bisa mengucapkannya. Bahkan disetiap ada kesempatan aku selalu melafalkannya. Hingga aku lancar mengucapkan kata R.

Di Jepang orang justru nggak bisa mengucap lafal L, mereka menggantinya dengan R. Dalam penulisannya-pun diganti, misal kita mo menulis Lani, karena tidak ada L, jadi menulisnya jadi Rani, atau saat mengucap Alun-Alun, jadi Arun-Arun. Kata senseiku orang Jepang kebanyakan makan Honda , hahaha….,( lho apa hubungannya ya…) Dan kebalikan dari Jepang , di China orang sulit mengucapkan huruf R, mereka justru selalu menggunakan huruf L. Senang sekali aku lahir di Indonesia yang bisa melafalkan semua huruf dengan benar.

Aku sangat bergantung sama huruf R ini, bahkan aku mungkin tak bisa hidup tanpa huruf R. Aku juga sangat membutuhkan huruf R ini. R untuk namaku dan R untuk yang lainnya. Aku tak bisa bayangkan andai saja aku kehilangan huruf R, mungkin namaku tinggal AA saja. Jika ada nama kalian yang menggunakan huruf R kemudian kalian menghilangkan huruf R itu, pasti kedengarannya jadi lucu sekali. Entah kita sadari atau tidak, kita ini memang butuh huruf R ini. Tentunya huruf-huruf yang lain juga. Tapi R tidak seperti huruf-huruf A,B, C, D dan seterusnya. R begitu istimewa, karena untuk mengucapkan kata R butuh perjuangan. Segala sesuatu yang kita dapatkan dengan penuh perjuangan pasti akan memberi kesan tersendiri bukan? Demikian juga saat aku berusaha mengucapkan R ini, dan saat aku bisa mengucapkannya ada kepuasan tersendiri tentunya.

Sebenarnya banyak orang tua yang salah mengajari anaknya. Pernah aku perhatikan seorang ibu berbicara sama anaknya sengaja melafalkan R dengan L, nah ini bisa menjadi contoh bagi anak tersebut hingga terbawa sampai besar. So…, bagi yang sedang mengajari buah hatinya berbicara, gunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Biar sang anak mencotohnya. Karena anak kecil itu mengikuti segala yang ia dengar. Mungkin banyak orang tua yang tidak menyadari hal ini.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

47 Responses to Cerita di Balik Huruf "R"

  1. itmam says:

    Alhamdulillah… aku jadi orang indonesia… yang bisa dengan fasih melafadzkan huruf “R” dan huruf2 lainnya.
    lidah orang indonesia begitu flexible, bisa dipake untuk melafadzkan berbagai bahasa di dunia.
    nice post RaRa🙂

  2. itmam says:

    ngomongin masalah bahasa, jadi inget dikuliah, orang mesir sangat takut dengan bahasa inggris (walaupun banyak yang mahir), terkadang diantara mereka ada yang pesimis untuk ga ikut ujian bahasa inggris… hadoooh… kalo orang indo, dikit2 bisa kali🙂

  3. itmam says:

    aku pernah punya dosa sama temenku saat di pesantren, saat itu dia belum bisa ngomong “R”, terus kami biasa ngeledekin gitu lah… eehhhh.. ga taunya setelah dia lulus (sekitar 3 tahun kemudian) dia balik kepondok dan ngucapin terimakasih… dia udah bisa ngomong “R” gara2 diejekin sma temen2😀

  4. ^
    ^
    ^
    langsung tiga, hehehe, semangat sekali…
    .
    .
    .
    aku kalo bisa sih gak jadi orang indonesia…. aku merasa tidak perlu bangga menjadi orang indonesia. eits! bukannya aku tidak bersyukur karena aku orang indonesia lho…

    masih mending gak ada huruf R-nya daripada gak ada huruf A-nya…. gimana coba bacanya

    • shofiyah says:

      bener juga setelah dipikir-pikir huruf A paling sering diucapkan
      hmmm..,
      *vee sok mikir

    • radesya says:

      yah, kamu emang nggak suka jadi orang Indo kan?

      emang A juga penting, tapi mengucapkan A semua orang bisa, beda dengan R, tidak semua orang bisa kan? itulah istimewanya R😉

  5. geRrilyawan says:

    tapi orang indonesia ada yang nggak bisa bilang F(ef) sama V(ve/fe), jadinya ep atau pe hehehe…

  6. itmam says:

    @ GeriRrilyawan => kata saVa orang indo ga bisa ngomong “F”… itu Pitnah mas😀
    orang indo bisa dengan Pasih melaPadzkan semua huruV…:mrgreen:
    @ Bukancowoksejati => kita anggota Himpunan Blogger Gila Koment Hattrick (HIBLOGIKOH). kalau mau gabung bisa baca2 di :
    http://hmcahyo.wordpress.com/2009/03/12/ibsn-fikih-hattrick-al-hiblogikoh-fhah/

  7. Hejis says:

    Semoga “R” tetap abadi…

    *Jadi gak nyambung nih komengnya*🙄

  8. Hejis says:

    Makanya dirimu lebih suka memelajari bahasa Jepang daripada China?:mrgreen:

  9. tandud says:

    hehehehe,,,

    walopun hanya sbuah huruf,,

    tp pnting banget yahh,,,

    maap,,
    tandud blom bisa bwat postingan baru,,,

    lg blajar mo UN,,,

  10. Omiyan says:

    yang jelas bukan ROMIYAN ya soalnya saya omiyan hahahahahhaha

    ***kabuurr***

  11. kezedot says:

    hai,sahabat
    maaf ya blue baru datang kembali
    salam hangat dalam dua musimnya blue yah
    mampir dong hehehe.

  12. wah ini blognya rara to… aku lagi nyari2 huruf R yah ketemu disini..
    maaahap ya ra baru bisa kunjung… post yg bermanfaat bngt, THANKs😀

  13. anny says:

    He..he…sampai dewasa gini aku gak bisa ngucap R dengan bentes, kalah sm anakku yg baru 5 thn🙂

  14. rismaka says:

    R for Rismaka.Net
    R for Rismaka.Com
    R for Rismaka.Org
    R for Rismaka.Co.CC
    R for Rismaka.WordPress.Com
    And R for Radesya.Com

    Long live R🙂

  15. achoey says:

    aku punya sepupu yg sulit bilang R
    padahal kini dia dah kuliah😀

  16. bayu200687 says:

    Rigih Bayu Ratri….
    2 huruf R, klo ditambah kata ‘keren’, jadi 3 huruf R. klo ditambah kata ‘Ridiculous’, jadi 4 huruf R.
    kyahahaha [maksa]

  17. kezedot says:

    pa cabarnya nich
    salam han gat dalam dua musimnya blue

  18. nisa says:

    ada berjuta kisah tersendiri di balik masing2 huruf itu… alhamdulillah,,qt bisa merasakan nikmatnya, karena banyak saudara qt yg buta huruf..😦

  19. Fitri says:

    Kalo di keluarga kami yg istimewa adalah huruf ‘f’ dan ‘r’, karena semua anggota keluarga memakai huruf itu terutama ‘f’

  20. Septa says:

    Apa kaba aa ? Smoga udah ga pusing lg. Septaius bekunjung nih🙂

  21. Didien® says:

    kalo namaku hurf D nya di ganti R kan jd g lucu…di kiranya setengah mateng..🙂:mrgreen:

    salam kenal ^_^

  22. zediens says:

    kenapa pilih judul dengan huruf R…?
    ide kreasimu memang hebat…

  23. Namaku jadi ada R-nya, Desya…
    Hihihi.

  24. depz says:

    adekkkkkkkkk🙂

  25. radesya says:

    @Achoey
    owh ya? di latih ja kak, ntar pasti bisa🙂

    @Bayu200687
    kak Rigih apa kabar?
    iya deh, terserah kakak ja🙂

    @nisa
    yup…, bener baget tuh

    @Fitri
    kalau keluarga aku semua nama depannya selalu aku R gitu kak

    @Septa
    hehehe…, septaius apa kaba?😀

    @Didien
    hahaha, iya kak, coba ja kak😀

    @Zediens
    Thx kakak, emang aku suka R

    @Raniel Rahendra
    hahahahahaha…..
    good kak…, bisa ja kak Daniel nih😉

    @Depz
    kakakkkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!

  26. HumorBendol says:

    HumolBendol…
    wek…jelek.
    Tetep tergantung ma “R” biar jadi:
    HumorBendol
    hehe….

  27. RenXe says:

    wah namaku juga sangat bergantung dgn huruf R ra…hehe…iyah emang berat buat ngucapin huruf yg satu ini, harus membuat getaran pada lidah sedemikian hingga… ^^

    oh ya, tren penyanyi pop di Jepang sekarang ini banyak yg bergaya ra, mereka mengucapkan lirik inggris yang mengandung huruf R dan menggantinya bulat2 dengan huruf L. misalnya kaya Merry Go Round, diucapkan jadi Melli Go Lound…jadinya aneh banget klo denger😀

  28. cerita yg menarik..
    salam kenal..
    jalan2 yuk ke blog saya

  29. dadi alex says:

    bisa karena biasa…hahaa..upss

  30. dadi alex says:

    bisa karena biasa.

Leave a Reply

