Cantik itu Anugrah atau Kutukan?

Pernah aku menulis tentang cantik disini, tapi akhir-akhir ini ada yang menggelitik hatiku tentang cantik . Ada seorang sahabat yang bertanya, “bahagiakah menjadi cantik?” . Semua orang pasti berpikir jika memiliki wajah yang cantik dan menarik itu sangat menyenangkan, dan kalian tentunya juga berpikir demikian, tapi kenyataanya tidak demikian. Bahkan ribuan orang di dunia berlomba-lomba ingin sekali menjadi cantik. Taukah kawan, kalau menjadi cantik itu tak selalu menguntungkan. Bahaya selalu saja mengincar . Memang sih kecantikan itu relatif. Tergantung dari siapa yang menilai. Bukankah wajar bila kemudian muncul pertanyaan siapakah yang berhak mendapat predikat cantik di masyarakat.

Cantik itu sebuah anugerah atau kutukan? Mungkin banyak yang bilang kalau cantik itu adalah sebuah anugerah dari Tuhan dan kita harus mensyukurinya tentunya. Tapi bagaimana jika dengan menjadi cantik hidupnya jadi tidak tenang karena bahaya selalu saja mengincarnya. Dimana letak kebanggaan menjadi cantik? Anugerah kecantikan bagi perempuan itu bisa berubah maknanya tatkala perempuan cantik harus menemui kemalangannya karena dia menjadi cantik. Banyak sekali perempuan cantik yang menjadi komoditas kaum laki-laki hidung belang.

Perempuan cantik itu selalu diukur dari sudut seksualitasnya, tentu saja yang menilai adalah kaum laki-laki (Maaf bagi yang laki-laki jangan tersinggung ya..). Dan yang lebih menyedihkan lagi, perempuan cantik itu sudah termakan mitos puluhan tahun bahwa kalau yang cantik itu pasti bodoh. Padahal anggapan itu sama sekali tidak benar. Seorang psikologi dari Brandies University, Leslie Zebrowitz dalam bukunya yang berjudul “Smartest Side of an Earth Angels” menuturkan tentang kemunculan para bidadari bumi atau wanita yang secantik bidadari tapi juga pintar dan berkepribadian mengesankan. Dia juga menunjukkan daftar panjang para ilmuwan, eksekutif dan intelektual perempuan dari segala bidang. Ini telah mematahkan mitos bahwa wanita cantik itu bodoh, atau wanita cerdas itu biasanya tidak cantik.

Sebenarnya kecantikan yang paling hakiki itu hanya terletak pada hati dan akhlak kita. Dan menjadi perempuan seharusnya tidak hanya memiliki kecantikan yang bersifat duniawi saja. Karena sesuatu yang bersifat duniawi pasti ada batasannya. Semuanya tidak ada yang abadi. Maka menjadi cantik itu tidak hanya diimbangi oleh bentuk represi seksual saja, tapi juga harus diimbangi kecerdasan emosional dan intelektualnya.

Banyak dari perempuan yang masih terjajah oleh kecantikan. Ada juga perempuan cantik yang mencintai diri sendiri terlalu berlebihan (narsisis), ini bisa dimanfaatkan oleh kepentingan kapitalis laki-laki. Padahal sudah seharusnya para perempuan keluar dari penjajahan kecantikan. Perempuan harus menjadikan apa yang ada pada dirinya, baik tubuh maupun pikirannya sebagai sumber kebanggaan, sehingga tidak ada lagi rasa minder bagi perempuan yang merasa dirinya tidak cantik.

This entry was posted in Kehidupan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

69 Responses to Cantik itu Anugrah atau Kutukan?

  1. Iya, bagi saya pribadi, cantik itu yang utama harus cantik hati nya. itu saja sudah cukup. ^^
    cantik itu anugrah atau kutukan? menurut saya itu anugrah. tinggal bagaimana menjaga kecantikan itu untuk menambah nilai ibadah kita, bukan malah menambah nilai maksiat kita.

  2. Adi says:

    Tak ada yang namanya kutukan di dunia ini, semua berjalan bersama takdirnya masing-masing.
    Salam kenal mbak🙂

  3. Septa says:

    Oh bukanlah cantikmu yg kucari..
    Bukanlah itu yg kunanti..
    Tetapi ketulusan hati yg abadi..
    Lho kok malah nyanyi sih..:-D

    Jujur tetep aja aku suka cewek cantik..
    Yg bilang ga suka munafik😛

    Anugerah ato kutukan tergantung sikon kayaknya..

  4. itmam says:

    segala apa yang datangnya dari Tuhan, dan bersifat fitrah adalah anugerah yang lazim disyukuri, apapun itu.
    salah satu ciri wanita shalihah adalah dia pandai menjaga dirinya dari pergaulan kehidupan sehari-harinya, dan pandai menutup auratnya diantara lelaki yang bukan muhrim.
    banyak kejadian pelecehan seksual diakibatkan oleh ulah wanita itu sendiri, terkadang dia dandan seenaknya, berpakaian yang tidak selayaknya, hingga birahi setiap lelaki yang memandangnya menjadi bergejolak.

    • radesya says:

      iya kak…, memang sudah selayaknya kita bersyukur dengan apa yang telah dikasih Alloh pada kita…
      aku suka sekali dengan nasehatnya…., semoga aku bisa…

      btw terima kasih kak…

      • aji says:

        aku gak setuju, wanita berhak menggunakan apa saja yang menurutnya membuatnya bangga dengan apa yang dimilikinya. aku sebenarnya bangga dengan orang-orang seperti itu yang menghargai miliknya. soal apa yang dimaksud dengan ‘menghargai’ disini mungkin tiap orang akan berbeda. ya itu terserah aja, pilihan masing-masing orang

  5. itmam says:

    cantik = bodoh?
    setuju dengan ungkapan pada buku “Smartest Side of an Earth Angels”
    hanya anggapan aja kan? hehehe

  6. itmam says:

    waduh,, maaf rara!
    keasyikan baca tulisan rara, sampe lupa nanyain kabar pemilik blog😉
    gmn kabar ra?
    semoga senyummu seindah mentari pagi ini.. (di sini masih pagi)

  7. dafhy says:

    tapi gak semua laki-laki mencari kecantikan tapi ketulusan hati🙂
    ya walau itu 1 dibanding seribu

  8. Mal says:

    Semua adalah anugerah.
    jelek juga anugerah kok hehehhehe.
    yah secara akal memang tidak betul kalau cantik itu bodoh sekarang pola pikir kita yg dijajah,cantik itu harus putih,makanya obat pemutih muncul dimana2 hehehhe.

    • radesya says:

      Iya Om…
      semua adalah anugrah, Alloh menciptakan sesuatu tentu sudah ada maksud dan tujuannya, dan segala yang dicipta pastilah tidak ada yang sia-sia

      nah, itu yang mesti dihilangi…, banyak yang bilang kalau cantik itu putih atau putih itu cantik, padahal itu belum tentu. Yang nggak putih juga cantik koq. Makanya jangan terkecoh ma produk kecantikan. Alhamdulillah aku tak pernah pakai gituan

  9. kucingkeren says:

    setiap kondisi pasti ada plus minusnya. syukuri saja apa adanya.. thx udh mampir ke kandangnya ammar jr… keep in touch ya..🙂

  10. iwan says:

    wah pasti rara orangnya cantik………
    itu sebuah anugrah yang harus kamu syukuri ra…

    • radesya says:

      yang penting harus cantik hatinya kak…

      bersyukur itu wajib kak…

      • aji says:

        kok cuma cantik hatinya… cantik luarnya juga harus dong… kalo gak siapa yang mau sama kamu hayo…

        oh iya lupa, didunia ini banyak cerita mengaggumkan dari wanita-wanita tidak sempurna yang dicintai oleh lawan jenisnya. tapi kan gak sampai 1 persen yang kayak gitu..

      • radesya says:

        Berarti kalau aku nggak cantik, nggak ada yang mau gitu?
        Tuhan sudah menggariskan hidup kita, mati, hidup, jodoh dan rizki udah diatur koq..

  11. kezedot says:

    met malam mingguan sahabat

    kalau blue mah pengennya cari perempuan yg cantik tapi kagak kena kutukan heheh,,,,,,,,,,,,,
    main dong ke tempat blue yg satu ini sahabat
    kezedot.wordpress.com

    salam hangat selalu

    • radesya says:

      malem juga blue…
      wah, pingin dapaet yang cantik tapi tidak kena kutuk?
      hihihi….

      aku doain ya blue…
      semoga dapet yang kamu cari

      segera meluncur…

  12. met berakhir pekan sahabat
    salam hangat selalu

  13. Cantik? Betul, paradigma cantik itu sangat relatif. Apa yang menurut pandangan umum cantik, belum tentu cantik pula pada pandangan orang lain.

    Katanya, perempuan cantik tergantung siapa dulu yang melihatnya. Kalau yang melihat adalah orang yang mencintainya, maka cantiklah perempuan tersebut. Tanpa perlu memandang atau menggunakan paramater umum soal kecantikan.

    Pada konteks tertentu, cantik memang melenakan.
    Karena ‘cantik itu luka’😉

    • radesya says:

      aku sependapat dengan kakak…
      orang yang cantik menurut pandangan kita belum tentu cantik menurut pandangan orang lain..

      cantik memang melenakan
      aku suka kata-kata kakak “cantik itu luka”
      aih…, bener banget!!!

  14. Rufor says:

    Hi, Interesting, I`ll quote it on my site later.
    Rufor

  15. achoey says:

    Yayaya dik
    Kadang kecantikan juga bisa jadi merugikan

    Ya semisal A
    Kegantengan ini juga kadang membuat A tersudutkan😀

  16. ArtaSastra says:

    Wew..
    Bagaimana dgn semboyan..
    3 B..
    Brain..
    Beauty..
    Behaviour..
    Macem miss universe..😉

  17. edratna says:

    Dari pengalamanku, teman2ku yang cantik malah justru harus membuktikan berlipat kali kalau dia memang tepat mendapatkan posisi tertentu di kantor, karena mulut usil yang menganggap kedudukan itu terkait dengan kecantikannya memang banyak.

    Dilain pihak, dia setiap kali juga harus pandai mengelak godaan lelaki iseng, entah atasan, teman, bawahan atau justru orang-orang yang ditemui dalam pergaulan.

    Padahal bagi yang berwajah bisa, tak perlu membuktikan seperti si cantik yang tadi
    (ini hanya pengalaman dari lingkungan kerja ya)

    • aji says:

      bukan salah seseorang, kalo dia terpaksa cantik, dan terpaksa lagi dapat posisi bagus di kantor.

      • aji says:

        karena percaya atau tidak, kecantikan sekarang adalah salah satu penilaian marketing dalam perekrutan dan penempatan tenaga kerja.

      • radesya says:

        @bunda Enny
        pengalaman serupa teman bunda juga pernah terjadi di sekolah. Kadang banyak orang yang iri sehingga memaksa sicantik untuk berjuang lebih sebagai pembuktian diri kalau dia tidak mengandalkan tampang saja..
        @aji
        aku pernah bertanya seperti itu. Salahkah menjadi cantik?

        Memang mesti diakui juga dalam pencarian tenaga kerja kadang ada perusahaan yg lebih mengutamakan penampilan

  18. kezedot says:

    met malam sahabat
    met bobo yah
    salam hangat dalam dua musimnya blue

  19. mal says:

    @desya = Om … aihhhhhhh jangan2 nanti kaya judul film , i lope u om xixixixixixiixix
    @DM = cantik itu luka ??? .. karena dikelilingi yg cantik2 terus nih ? hehehhehe

  20. hmcahyo says:

    yang jelas bisa ngeblog itu anugrah:mrgreen:

  21. anugrah jika kita menyukurinya
    kutukan jika kita tidak menyukainya

  22. depz says:

    cantik ada 2 “luar” or “dalem”
    kalo bisa 2 2 nya pasti “mendekati” perfect

    -life is beautiful-

  23. Rizal says:

    Kecantikan adalah anugrah, sekaligus ujian… begitu juga sebaliknya… lahir dengan wajah yang ‘tidak cantik’ juga anugrah dan sekaligus ujian…
    Yang terpenting adalah, bagaimana kita bisa menjalankan kehidupan ini dengan penuh syukur…🙂

    “Cantik identik dengan bodoh…” hmm… hi hi ^_^ ini pasti ucapan ‘iri hati’ dari orang yang tidak cantik dan sedang frustasi…

    Margaret Thatcher cantik…, Marrie Currie juga rupawan…, Evita Peron sangat menawan, Hillary Clinton juga jelita kok…

    Miss Universe… hampir dipastikan ‘tingkat kejelitaannya’ diatas rata – rata semua…

    Hmm… cantik = bodoh??? ??? ??? masa sih???

    • aji says:

      cuma mau menambahkan, hillary clinton,margareth Tacher, dan Marie Currie tidak cantik menurutku,,,

      • Rizal says:

        Dalam penilaian saya… mereka cantik ^_^
        Jangankan Margaret, Hillary atau Marrie… bahkan menurut saya, Oprah juga cantik…🙂

    • aji says:

      pertama, kok gak bilang-bilang ada post baru? jahat. tapi gpp sih ternyata gini juga menyenangkan, bisa comment commentnya orang lain.

      oh ya, aku punya cerita:

      “Cantik itu Anugrah atau Kutukan?” ada temanku yang menulis judul seperti itu di blognya. Kalau jawabanku sih, cantik itu anugrah, tidak diragukan lagi, cantik itu anugrah. aku berpikir apakah dia tidak merasa berdosa sudah meragukan anugrah Tuhan itu dengan berpikir bahwa itu adalah kutukan? sungguh disayangkan…

      Banyak orang-orang di dunia ini yang mempunyai wajah yang cantik. beberapa mengalami cobaan (diperkosa, dibenci, dsb) karena alasan “wajahnya cantik…”

      Perhatikan, Banyak yang cantik, ada yang hidup normal, ada yang mengalami cobaan. Banyak juga yang tidak mempunyai wajah cantik, ada yang hidup normal, ada yang mengalami cobaan. That’s Life, Life bukan kutukan! Kalau misal saya angkat kasus pemerkosaan, dan melihat fakta diatas, siapa yang salah? ceweknya atau cowoknya? ya tentu saja cowok yang memperkosa itu! cewek patutnya bersyukur atas kelebihan yang ia punya. bukan malah meragukannya! Cowo yang memperkosa, ya ke neraka aja, atau bertobat!

      • radesya says:

        @Rizal
        segala yang diberikan Tuhan pada kita memang sebuah anugrah yang patut kita syukuri, baik maupun buruk harus kita terima..

        Dulu mitos cantik=bodoh itu sudah melekat, tapi sekarang mitos itu tidak berlaku lagi..

        @aji
        pertama, maaf…
        Cerita yang menarik. Intinya kita harus bersyukur dengan anugrah yang diberikan Tuhan pada kita kan?

  24. shofiyah says:

    Dek desya, anti tambah dewasa dalam berkata,,,,,,,,,

  25. yoan says:

    jadi inget ‘Cantik Itu Luka’-nya Eka Kurniawan…
    tentang perempuan yang dipaksa menjadi pelacur dan kemudian melahirkan anak-anak yang cantik-cantik yang bernasib sama seperti ibunya…
    dan ketika mengandung anak keempat, sang ibu pun berharap anaknya lahir buruk rupa (yang benarbenar terjadi), tapi dia memberi nama bungsunya itu ‘Cantik’ sebagai ironi…

    *ohwsayangomongapasihdisini…*

  26. iwan says:

    “met sore ada yang baru tuh di blog aq……simak yah”
    aq mau bilang kok tulisannya blom di up-date

  27. Adi says:

    Salam kenal mbak redes…

  28. racheedus says:

    Kecantikan fisik yang digunakan hanya untuk menggoda adalah kecantikan yang mengundang derita berkepanjangan.

  29. kezedot says:

    u suka nasi uduk sahabat?
    datanglah ke kezedot heheheh…..
    salam hangat dalam persahabatan bersama blue dan kezedot

  30. INDAH REPHI says:

    wanita yg cuman punya kecantikan duniawi aja itu malah membawa petaka🙄
    iya to? jadi, maaf, barang penggoda iman, bla bla bla bla…
    jadi, cantik fisik itu memang anugrah tapi sekaligus kutukan🙄

    ini cuman opini aja, anggep aja aku lg ngelantur
    hhehhehe,,,

    • radesya says:

      kak Indah ada benarnya juga koq, kadang kecantikan bisa menjadi bumerang bagi sicantik itu sendiri. Tentunya agar tidak jadi bumerang mesti menjaganya dengan jalan yang benar..

  31. kezedot says:

    sahabat.
    biar genap enam puluh hehehe.

    semangat semangat ok
    salam hangat dalam persahabatan bersama blue dan kezedot

  32. cantik itu.. apa yah..
    cantik itu.. ketika seorang wanita mensyukuri apa yang telah ada pada dirinya ^^

  33. Rindu says:

    Saya gak cantik sist, jadi gak tahu apa anugrah atau musibah🙂

    *ngaca*

  34. marshmallow says:

    isn’t beauty in the eyes of the beholder?

    hai, ra! pakabar?
    seneng juga membaca ada orang ganteng di dalam cerita tentang cantik ini.😉

  35. kenanga says:

    cantik itu anugrah…
    tapi kadang cantik membawa ketidaktulusan..
    tapi tetep harus bersyukur dngan anugrah yang telah DIA berikan

    salam kenal..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s