Flu Babi

Belum lama kita dihebohkan oleh ancaman flu burung (avian influenza), kini datang ancaman penyakit serupa datang lagi yaitu flu babi yang merebak di dunia dan telah banyak menelan korban jiwa di sejumlah negara seperti Meksiko, Texas, California Selatan, Amerika Serikat, Perancis dan beberapa negara Eropa lainnya. Ada kemungkinan juga bisa menyebar ke Indonesia.

Flu babi merupakan penyakit saluran pernafasan akut yang sangat menular. Babi merupakan induk dari virus ini, tetapi virus ini juga bisa menular pada manusia dan bangsa burung maupun sebaliknya. Badan Dunia WHO telah meningkatkan dari kewaspadaan level III menjadi IV. Jadi kita harus bisa hati-hati untuk hal ini.

Gejala penyakit ini hampir sama dengan flu burung yaitu demam, lesu dan letih, nafas cepat/sesak nafas, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, terkadang disertai mual.muntah,diare. Pertama kali virus influenza babi diisolasi tahun 1930. Dan virus ini berasal dari bentukan baru reassormen dari satu atau lebih spesies virus. Reassormen dapat diartikan sebagai penukaran segmen gen dari spesies satu dengan spesies tertentu lainnya. Proses searssormen dari produksi spesies influenza manusia yang viluren dapat terjadi pada babi yang dapat terinfeksi baik dari spesies influenza burung maupun manusia.

Flu babi adalah penyakit influenza yang disebabkan virus influenza A subtipe H1N1, Yang sebenarnya bisa ditemukan pada manusia dan hewan (terutama babi), namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Virus influenza tidak dapat bertahan lebih dari dua minggu di luar sel hidup, kecuali pada kondisi dingin. Virus ini sensitif terhadap panas, deterjen, kekeringan dan disinfektan.

Cara penularan flu babi melalui udara, dan dapat juga melalui kontak langsung dengan babi penderita maupun kontak langsung dengan manusi penderita. Masa inkubasinya 3-5 hari. Oleh sebab itu sebaiknya kita lebih waspada lagi. Selalu menjaga kebersihan, menutup hidung dan mulut apabila bersin, mencuci tangan sebelum beraktifitas dengan sabun. Jika mengalami gejala flu segera periksa ke dokter dan yang paling penting jangan dekati maupun makan daging babi. Dan dalam agama kita sudah ada larangan keras untuk itu. Pokoknya jangan sampai makan daging babi HARAM!!!


*)dari berbagai sumber

This entry was posted in kesehatan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Flu Babi

  1. ageleng says:

    pertamax…
    moga ja jgn mpe ada flu kucing..😆

  2. pintu_impian says:

    waduh2 jangan sampai kita2 terkena virus itu, bahaya banget

    jaga kondisi aja

  3. prayitno says:

    jangan2 ada flu semut….
    kan bahaya tuh
    apalagi semut ada dimana mana
    ngeri…ngeri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s