Lupa

Kawan-kawan pasti pernah denger ini “lupa itu manusiawi”, semua orang pasti pernah lupa. Lupa adalah salah satu dari sifat yang sudah melekat pada kita, lupa itu sesuatu yang tak bisa kita ingat, dan dari ingat kita bisa tau apa yang kita lupa. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kita lupa akan sesuatu. Tapi banyak juga orang yang tak bisa melupakan sesuatu. Kita bisa lupa atas suatu hal yang bukan kita kehendaki. Lupa itu datang begitu saja. Dan tak seorangpun bisa memaksa kita untuk lupa atau melupakan. Tapi lupa juga sangat penting bagi kehidupan kita. Bayangkan saja bila kita tak mempunyai sifat lupa. Pasti kita tak bisa tidur dengan nyenyak, karena pikiran kita akan mengingat apa saja dan menerawang entah sampai kemana. Semua hal jadi teringat oleh kita, kejadian buruk maupun kejadian baik. Tentunya kita tak akan bisa tidur dengan nyaman. Tapi kadang kita juga sulit untuk melupakan sesuatu, seperti temanku yang sulit melupakan kenangannya bersama seseorang.

Lupa itu bisa dikaterorikan dalam beberapa hal yaitu : Mudah lupa, Amnesia dan Demensia.

Mudah lupa itu biasanya terjadi karena beberapa faktor diantaranya karena penambahan usia. Usia yang bertambah biasanya proses berpikirnya menjadi lamban dan kesulitan memusatkan perhatian. Mudah lupa juga bisa disebabkan karena suatu penyakit. [sekarang aku mudah lupa ]😦 , Sedangkan Amnesia itu kondisi terganggunya daya ingat yang disebabkan karena kerusakan otak atau akibat trauma atau suatu penyakit. Dan ada amnesia maju dan ada amnesia mundur. [Bagaimana ya kalau aku kena Amnesia ya? Tentunya aku akan kehilangan memori yang indah. Jika itu terjadi , nggak apa-apa aku nggak ingat masa lalu, asal aku masih bisa ingat tentang satu hal]

Demensia itu kondisi dimana informasi sama sekali tidak bisa masuk dalam proses memori otak kita. Demensia itu penyakit lupa yang paling parah. Biasanya didera oleh penderita kelainan otak, gangguan vaskuler (stroke) dan degeneratif (sindrom Al zheimer). [Semoga aku tidak kena demensia]

Kemunduran memori sekarang tidak dialami kaum tua saja, tapi orang-orang muda usia akhir 20 tahunan juga. Bahkan aku yang dibawah delapan belas juga mengalaminya. Apa mungkin otakku dah rusak ya? Kaum muda biasanya sering lupa wajah dan nama seseorang selama beberapa saat, atau mau mengerjakan sesuatu tiba-tiba lupa sama sekali. Aku juga pernah seperti ini.

Malam itu air tidak nyala, kebetulan aku membuka kran air dan lupa mematikannya, saat aku terlelap, airnya nyala, karena kamar mandi saluran airnya tersumbat, maka air tidak bisa mengalir ke bawah, so…, air meluber keluar sampai ke kamarku, semua yang ada di kamar basah, bahkan buku-buku aku yang aku taruh bawah juga. Boneka-boneka aku, pokoknya semua deh. Yang lebih parah lagi aku taruh charger lepi aku di bawah, dan bisa ditebak charger aku kerendam air. Tapi untung saja aku sedang tidak menggunakannya. Panik juga sih, kalau nggak bisa dipakai lagi. Kemudian aku lepas kabelnya, trus mengeluarkan airnya. Dah gitu aku jemur biar kering. Trus bingung juga mo keluarin air yang ada dalam charger, kalau dibuka paksa guarantinya bisa hilang. Lagian itu pakai lem pres jadi kalau direkatkan lagi pasti nggak bisa rapi. Akhirnya aku getok-getok biar air pada keluar, trus aku kipasin sehari semalam, pas pagi aku coba deh, alhamdulillah bisa. So…, ini bisa jadi pengalaman buat kawan-kawan. Jika suatu saat mengalaminya lakukan langkah-langkah tadi. Pokoknya pastiin air yang ada didalamnya udah bener-bener kering.

Lebih parah lagi bila lupa-lupa ingat tentang sesuatu. Ingatan tentang adanya sesuatu memaksa kita untuk selalu ingat tentangnya. Dan kita tak bisa memanggil ingatan itu untuk datang. Saat kita berusaha mengingat-ingat itulah kita bener-bener merasa tersiksa dibuatnya. Otak kita jadi merasa terhimpit dan sangat penat, berpilin-pilin.

Mungkin semakin kompetitifnya kehidupan sekarang ini sebagai salah satu penyebabnya, kesibukan atau segala aktifitas kita yang padat memungkinkan kita menjadi pelupa. Otak manusia itu terbatas kemampuannya, sementara informasi yang tersebar di dunia ini tak terbatas jumlahnya.

Bagaimana cara kita mengatasi lupa ini? Menurut buku yang pernah aku baca, dengan berkonsentrasi pada satu hal, kemudian istirahat untuk menjernihkan pikiran kemudian barulah kita memulai yang lain. Karena ketika kita cemas pikiran kita akan dipenuhi berbagai hal. Lahan untuk memori kita menjadi tersita dan akhirnya lupalah kita akan berbagai hal. Kawan-kawan tak ingin sering lupa bukan? So…, mulai sekarang beristirahatlah yang cukup untuk memberikan otak kita berelaksasi. Olah ragalah setiap hari agar pusat-pusat memori otak kita dipenuhi darah dan kaya oksigen, kalau perlu bermeditasi setiap pagi dan malam, atau semacam yoga gitu. Jadi pikiran kita bisa tenang. Yang paling penting adalah menghilangkan perasaan cemas dan jangan terlalu mempersoalkan masalah yang tengah kita hadapi. Berusahalah bergembira menghadapi sesuatu meskipun itu sangat pahit dan susah untuk dilakukan.

Terdapat kenikmatan terbesar bagi manusia dalam hal ingat dan lupa. Kadang kita harus berterima kasih pada lupa. Saat lupa itu bisa menghilangkan ingatan kita akan kejadian buruk yang kita alami. Lupa juga salah satu kerja otak yang persis seperti ingat. Kita memang ditakdirkan untuk mengingat suatu hal, dan kita juga melupakan banyak hal. Ada kelebihan lupa sebagaimana kita memikirkan kelebihan ingat. Dan dalam hidup kita memerlukan lupa juga memerlukan ingat. Lupa dan ingat itu suatu yang bertentangan tapi kita sangat membutuhkan keduanya. Karena ada hal-hal yang harus kita lupakan dan ada hal-hal yang perlu kita ingat.

This entry was posted in Kehidupan and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

78 Responses to Lupa

  1. depz says:

    ahh jadi lupa mau komen apa
    hihihhhii

  2. depz says:

    jadi pengen nyanyi lagunya kuburan

    “lupa…. lupa….lupa…..lupa….lupa lupa syairnya…”
    xixixiixix

  3. Jnr says:

    Hmmmmmmmm……………..
    Lupa…….
    MuDAh”An AVRIL Gk LUPA Sama Aku……………

    JAJAJAJAJAJAJAAJAJAJA

  4. narpen says:

    paraaahhh.. charger lappie kerendem air?? Ngeri kalipuuuunn…
    ckck.. untung gpp ya..
    iya nih.. saya pikunan banget orangnya.. akhir2 ini gampang lupa, kayanya sih gara2 semi2 apatis -.- tampak harus dilatih untuk lebih konsentrasi..
    btw.. klo pengen melupakan “seseorang” gmn dunk des? ada tips? hehe..

    • radesya says:

      Iya kak, selain lupa juga ceroboh..🙂
      emang kak Dyah kenapa koq sampe apatis gitu?

      Tips MELUPAKAN seseorang:
      -jangan mengingatnya
      -buang saja semua kenangan tentang dia
      -ingat kejelekannya
      -belajar ikhlas
      -hindari pembicaraan tentangnya

      semoga bermanfaat😉

  5. kezedot says:

    malam ini blue hampir sdaja lupa ketempatmu namun akhirnya tidak jadi lupa karena u baik sekali with blue trimz……….
    salam hangat dalam dimensinya blue

  6. AJ says:

    trus ikan biru yang di finding nemo itu masuk penyakit yang mana tuh?

  7. Zulmasri says:

    Saya pernah diberi renungan tentang lupa. Ada benarnya juga manusia punya sifat lupa. Ibu kita misalnya, atau perempuan manapun yang sudah berumah tangga, diberi sifat lupa. Oleh karena kelupaan itulah, ibu dan perempuan lainnya tidak lagi ingat betapa sakit dan susahnya saat melahirkan kita atau kakak-kakak kita. Akibat lupa itu, ya lahirlah kemudian adik-adik kita.

    • radesya says:

      Bener Om, kita harus bersyukur bisa lupa, andai tak ada lupa, memori otak kita bisa jebol kali ya.., setiap hari pasti tersiksa karena ingat saat sakit..

  8. Ata chan says:

    Kamu bener Ara, kalo gak ada lupa memory otak kita bakal kepenuhan..
    Coba memory ram sama harddisck otak bisa di upgrade beberapa terrabyte gitu😀

    Memang Tuhan udah mengatur kehidupan ini dengan sempurna, semua ada manfaatnya..

  9. mal says:

    Lupa … Lupa lagi liriknya *kubruan Band Style* hehhehe
    Ada Baiknya lupa, karena lupa adalah nikmat. tapi kalau selalu lupa atau melupakan uhf.. lempar aja pake monitor xixixiixx

  10. pagi sahabat
    semangat ya
    salam hangat selalu pa cabar?

  11. pipiet says:

    hai ra..
    dlm kehidupan sehari-hari aq juga sering lupa
    tapi kalo ngelupain cow ko susah banget ya..
    hihihihihihihi…🙂

  12. lenna says:

    aku klo uda buka FB, bisa lupa kerja, lupa tugas, lupa dead line… wah wah…
    Bener kata Red, Musti KONSENTRASI… :p

    Nice post sist..🙂

  13. Yang terakhir tips nya menarik tuh. Saya juga sering lupa hal2 apa saja yg harus dilakukan. Makanya, saya make kertas bego buat nyatet apa yg harus dilakukan.😀

  14. Afdhal says:

    thanks utk tips’nya ya🙂
    takutnya jadi lupa lagi ama tips diatas, gimana donk

  15. achoey says:

    A pelupa
    Tapi sepertinya lebih pelupa lagi Kuburan Band
    Sampe lupa liriknya

    Maaf, A malah bercanda😀

  16. ichanx says:

    gw udah bawaan euy… udah jadi pelupa akut… :((

  17. Muda Bentara says:

    Thanks ya ra, terimakasih dah mau share tentang lupa ini, sangat berguna, apalagi untuk diriku yang sedang kena sindrom susah lupa ini, seperti katamu ra, ada yang bisa dilupakan dan ada yang tidak, dan aku lebih memilih melupakan saja . malam teman ….maaf, telat mampir ..

    • radesya says:

      Hai Muda..
      Berusahalah kawan.., memang melupakan itu sangat sulit, tapi mengingatnya akan membuat dirimu terbelenggu..
      Semangat kawan..

  18. Wew..
    Ada tambahan juga neh mas..
    Ikhlas..
    Bersyukur..
    N respect the others..
    Bisa juga Meringankan beban lupa..😉

  19. p u a k says:

    paling enak kalau lupa punya hutang.. hehehe

  20. Lidya says:

    Untung semua anggota tubuh kita nempel..
    Coba kalau bisa dicopot trus lupa naro..Wahh..bingung bgt tuh, ga ada replikanya😀

    • radesya says:

      wah, nggak bisa ngebayangin kalau lupa sama anggota tubuh kita ya…
      saat kita ingin mendengar kita lupa naroh telinga, so mesti cari dulu.., ya nggak bisa dengar…😀

  21. E says:

    Oke, saya akan beristirahat sejenak
    biar tidak lupa maen2 ke sini🙂

  22. racheedus says:

    Renungan yang berimbang. Ada ingat, ada lupa. Semuanya ada hikmah dan anugerah.

    Dalam dunia politik, ada ungkapan forgiven not forgotten. Saat kekejaman masa lalu terjadi di negeri ini, kita belajar untuk memaafkan, tapi bukan untuk melupakan lantas membiarkan para pelaku melenggang kanggung seenaknya tanpa memperoleh hukuman yang setimpal.

    • bayu200687 says:

      ibu2 di argentina, dan mungkin beberapa orang di indonesia, lebih cenderung ‘we not forgiven, we not forgotten’…

    • radesya says:

      @racheedus
      meskipun kita tak bisa memaafkan tapi kita bisa melupakan itu suatu anugrah ya Om…, coba bayangkan jika anak-anak korban bencana perang, andai mereka tidak punya lupa pasti tak bisa melanjutkan hidupnya, karena ingatan akan kekejaman perang itu akan membuatnya tersiksa dan mati…
      @bayu
      emang ada yang nggak bisa melupakan dan memaafkan kak…, tapi setidaknya harus berusaha…., meskipun itu sangat sulit sekali…

  23. RenXe says:

    salah satu sebab pelupa adalah kurang tidur. malam hari adalah saat2 perbaikan sel2 otak. kalau kita kurang tidur maka perbaikan itu tidak optimal.

    aku juga pelupa parah sekarang. bahkan sering kegiatan yg baru saja kulakukan, bentar kemudian udah lupa. misalnya, mengunci kamar saat mau pergi. padahal sudah dikunci, namun ditengah jalan sering lupa “tadi udah dikunci belum ya…”

    • radesya says:

      kalau lupa mengunci kamar bisa bahaya ya kak…, tapi itu masih wajar koq…
      biar nggak lupa kakak mesti istirahat ya…, asal jangan lupa markir kendaraan ja…, soalnya temenku pernah seperti itu…

  24. bayu200687 says:

    semalam barusan ngobrol ma istri ttg lagunya kuburan…
    wew, idenya kreatif bangetz. terlepas dari musik itu haram, aq salut ma org2 yg berani berpikir out of the box.

    lupa karena kebiasaan atau kebiasaan yg membuat lupa? aq biasanya setelah membuka pintu lemari, ga menutupnya lagi. istriku sampai berkali2 mengingatkanku. hhh, bukannya lupa, tapi emang dah kebiasaan c…
    hehehe

  25. fadhila says:

    dlm diam mu ternyata km puitis jg….jgn terlalu merendah non…. keep be your self…^_^

  26. loveevy says:

    Wah tiap orang th pasti punya penyakit pelupa ya,tapi tu manusiawi kok…yang penting jangan sampe lupa kunjungi blogku yahhh…cuz aku butuh kritik dan saran biar blogku bisa sekeren ini.hehehe…
    Salam kenal…
    Dan salam persahabatan.

  27. Catra says:

    Saya lebih parah. Saya rela-relain balik ke kosan hanya untuk memastikan apakah pintu kosan udah terkunci apa belum. hehehehe

  28. DC says:

    LUPA?eh bentar2 aku eja dulu,

    LU-PA-LU-PA-LUPA-LU..,

    aha,PALU!,iya itu obatnya!huehehehe….(kabur dikejar orang sekampung).

  29. DC says:

    wew..,lama gak kunjung jadi pangling nìch,postingan yang bagus desya!
    *sstt..!,jgn bilang” ya klw nm pggln kita hampir mirip*

  30. dobleh yang malang says:

    malam sahabat
    pa cabar?
    semangat ya ok
    salam hangat selalu

  31. geRrilyawan says:

    aduh….mo ngomong apa ya? kok lupa….

    untuk merilekskan otak kadang kita harus “membodoh” dulu…lakukan aja hal-hal yang sebenernya nggak penting dan jangan mikir…
    cuma juga jangan terus2an “bodoh”nya hehehe…

  32. Ata chan says:

    Mampir lagi nih..
    Lupa ngasih SENYUM sama yg punya rumah xixi..🙂

  33. goenoeng says:

    sayangnya, tiap tanggal tua, sang lupa ini malah nggak mau datang, Desya. kan lumayan tuh, kalo bisa lupa, soalnya biar lupa kalo dompet nggak ada isinya.😀

  34. hilman says:

    nggak apa-apa aku nggak ingat masa lalu, asal aku masih bisa ingat tentang satu hal:
    “tidak aku haur inget untuk mengunjungi blog ini…”..

    > Alhamdulillah kabar baik Ajeng..cori lama banget dah nggak nongol diblog, apa kabar jeng??

  35. kezedot says:

    pagi membuta saat blue datang
    selamat berlibur
    salam hangat selalu

  36. Prasetyo Muchlas says:

    ^^
    Hayo jangan lupa ya..

  37. kawanlama95 says:

    Lumrah seeh kalo lupa, yang penting jangan keseringan. oke dah

    yang penting Fokus terhadap apa yang dikerjakan

  38. randu says:

    Menarik…
    Ada beberapa orang yang mau ngelupain sesuatu yang pernah terjadi tapi gak bisa-bisa…

  39. kenanga says:

    Lupa itu pasti karena nggak inget!!!
    (jayus)
    hahahha

    kaburrrrrrrr..

    maen2 yah..

  40. radesya says:

    hihihi… ya iyalah kak…

    ntar aku maen deh…

  41. Tuh kan, Kakak jadi lupa mau komen apa.
    Eh, tapi ngomong-ngomong: ini blog-nya siapa ya…

    *mengingat-ingat*

  42. zizima says:

    Salam kenal ^^
    Lupa? bisa dihindari juga dengan membuat parking lot,, semacam catatan kecil yang bisa dijadikan tempat buat nulis apa aja,, misalnya.. waktu lagi di jalan tiba2 nemu ide buat artikel blog, sayang kalo lupa, tinggal tulis ajah di parking lot itu..

  43. Zulhaq says:

    lupa lupa lupa….lupa lagi syairnya
    *kok malah nyanyi di kuburan siy* he2

  44. Rexa says:

    aduhhh, , emank ngelupain someone yang pernah dekat tuch susah banget. .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s