CARA Belajarku…

Ada hal yang unik saat aku belajar, mungkin ini bisa sedikit bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Ada beberapa langkah-langkah saat aku ingin behasil dalam mengerjakan soal-soal ujian diantaranya :

NIAT dan DOA

Tumbuhkan niat dalam hati kalau ingin belajar, bukankah segala sesuatu itu harus diawali dengan niat, so…, niatkan dalam hati kalau kalian ingin belajar. Jangan lupa juga berdoa, karena doa juga bisa melancarkan kita dalam belajar. Jadi selain niat juga harus berdoa.

TUJUAN

Dalam belajar kita harus mempunyai tujuan atau target tertentu yang harus kita capai. Dengan begitu dapat memacu semangat belajar kita. Tentu saja target kita adalah bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Tanpa tujuan itu otak kita tak bisa bekerja dengan baik. Sebenarnya mengerjakan soal-soal itu sangat mudah bagi otak kita kalau kita memiliki tujuan yang jelas. So…, kalau kita pasang target akan lulus dengan nilai yang baik, otak kita pasti akan merekam tujuan kita dengan baik. Seperti saat aku menargetkan akan bangun jam tiga pagi, biasanya tanpa pasang alarm pada jam tiga aku dah bisa bangun. Tapi tidak saat aku menargetkan bangun pagi, nah…, otak jadi bingung karena pagi itu tidak jelas. Bisa-bisa kita bangun jam lima, jam enam, jam tujuh, jam sembilan, karena menganggap masih pagi😀 . Nah sekarang kawan-kawan kalau mo belajar harus mempunyai tujuan yang jelas buatlah target-target yang ingin dicapai dalam belajar. (pingin buat ortu bangga, pingin buat pacar bangga, pingin jadi yang terbaik) Atau apa aja deh terserah ja…

PUNYA RASA MALU

Bagiku rasa malu itu sangat penting, malu juga bisa membuat aku lebih semangat lagi belajar. Malu dunk kalau nggak bisa lulus ujian dengan baik, Malu dunk kalau harus mengulang lagi. Malu dunk kalau dibilang gini : ” idiiihh…., cantik-cantik kok lemot” atau “waduh!! ganteng-ganteng tapi otak nol” . Fiiuhhhh…, malu banget kan? Dengan rasa malu itu semangat kita jadi berlipat-lipat. Apalagi kalau ada yang mencela seperti itu.

BELAJAR SAAT BENAR-BENAR SIAP

Berapapun kerasnya usaha kita dalam mengahafal semua materi pelajaran, akan menjadi sia-sia jika otak kita belum siap menerimanya. Otak kita itu butuh waktu yang tepat untuk menerima materi. Kapan waktu yang tepat bagi otak kita dalam menerima materi hanya kita yang tau. Kita sendiri yang bisa menetukan kapan otak kita siap belajar. Yang perlu dilakukan buatlah diri kita setenang mungkin. Rasa cemas dan takut akan sangat menganggu. Kalau kita sedang capek jangan dipaksain deh. Karena akan buang waktu percuma. Percayalah otak kita itu sungguh luar biasa, kalau otak kita dah benar-benar siap pasti akan bisa menyerap banyak materi pelajaran.

JAGALAH KONDISI PERUT

Nah ini juga penting lho…, saat belajar usahakan perut kita jangan dalam keadaan kosong atau kekenyangan. Kalau perut kita laper, kita tak akan bisa konsentrasi, nah kalau perut kita kekenyangan kita akan mudah mengantuk. So.., jagalah jangan sampae laper dan jangan sampe kekenyangan. Yang wajar-wajar saja.

BELAJAR DENGAN SANTAI

Cara belajar orang memang beda-beda, yang penting kita bisa menikmatinya. Agar bisa santai mungkin ada yang belajar sambil denger radio, denger musik, atau sambil ngemil atau kadang kalau aku belajar secara online aku biasa sambil chat. Pokoknya dibawa enjoy aja deh.., jangan anggap belajar itu beban, jadikanlah belajar itu sesuatu yang menyenangkan.

MENGULANG MATERI

Kita hanya butuh lima kali pengulangan agar bisa membuat apa yang kita pelajari teringat oleh otak kita selamanya. Ya tidak langsung kita mengulang semuanya sih… Jadi begini, saat sepulang kuliah usahakan kita mengulang materi yang disampaikan dosen gitu. Terus satu hari berikutnya kita ulang lagi, terus satu minggu berikutnya kiita ulang lagi begitu seterusnya. Semua pasti akan sangat mudah.

JURUS FEELING

Nah ini adalah salah satu yang aneh dari aku. Biaanya aku meringkas materi dengan mengadalkan feeling aku, maksudnya bagian mana yang kira-kira akan keluar di ujian gitu. Biasanya feeling aku itu bener. Atau gini, pisahkan catatan-catatan materi teori dan rumus-rumus gitu, atau bikin catatan yang kita bisa mudah mempelajarinya. Kalau dari buku ambillah yang kira-kira kan keluar dalam ujian.

CINTAILAH SEMUA PELAJARAN BESERTA PENGAJARNYA

Ini bagian yang sulit, tapi ingat ya…, bagaimana kita bisa belajar kalau kita nggak suka sama pelajarannya. Atau kita suka pelajarannya tapi nggak suka cara dosen menyampaikan materinya. Jadi usahakan cintailah dua-duanya.

JANGAN BELAJAR PADA SATU SUMBER

Jangan hanya mengandalkan pada satu sumber saja. Carilah buku acuan lain. Kalau perlu kita googling untuk mencari materi yang kita perlukan. Internet memang sangat membantu, beruntunglah kita. So manfaatkan itu dengan baik agar kita bisa kaya pengetahuan.

RILEKSASI

Saat semua sudah kita lakuakan, kita tinggal rileksasi dan menjaga kebugaran kita saja. Kesehatan juga penting. Caranya olah raga, ya seperti yang aku lakukan saat ini. Loncat-loncat😀 , ini kebiasaanku menjaga stamina. Atau senam juga boleh, yoga atau yang lainnya deh. Dengan begitu oksigen yang masuk ke otak akan banyak dan detak jantung lebih kuat untuk memompa darah ke otak, jadi otak bisa mengingat dengan baik.

Setelah semuanya kita lakuakan tinggallah saatnya mengerjakan soal-soal. Pilihlah soal-soal yang mudah terlebih dahulu. Jangan berkutat pada soal yang sulit itu akan banyak menyita waktu. Kalau tiba-tiba otak kita blank kita bisa tarik nafas dalam-dalam kemudian pejamkan mata agar otak kita kendor dan tidak tegang lagi. Dengan begitu otak bisa berpikir lagi.

Yang lebih penting dari itu semua, mintalah doa restu pada orang tua agar dimudahkan dalam mengerjakan soal. Doa orang tua itu sangat manjur lho…, kerjakan soal-soal dengan jujur dan percaya diri. Awas !! jangan nyontek ya…, yakinlah kamu pasti bisa.

Untuk kepada kawan-kawan semua mohon doanya ya….

This entry was posted in Tips and tagged , , , . Bookmark the permalink.

46 Responses to CARA Belajarku…

  1. nice info! untung aku gak ganteng2 amat jadi gak malu ^^

  2. radesya says:

    wah…, jangan gitu dunk. Kamu nggak malu sama aku?
    hihihi…., semangat ya…

  3. RenXe says:

    mau ujian ya ra? oke, kudoakan semoga sukses ya!!!

    kalo pelajaran sejarah, kayanya kurang cocok klo disebut “belajar” ya..soalnya isinya kan menghafal semua…jadi bukan “belajar” namanya, tapi “menghafal” hehehe

    • radesya says:

      thx kak…
      tapi aku nggak ada pelajaran sejarah lagi tuh
      pada dasarnya menghafal juga belajar lho….🙂

      • RenXe says:

        maksudku dulu ra, waktu sekolah kan ada pelajaran sejarah😀

        hmmm klo menurutku menghafal itu bukan belajar ra…kecuali klo kita menghafal sambil mengerti ^^

  4. kezedot says:

    mungkin karna tampang blue yg lebih ganteng dari tukul kali yah makanya tetep jombloh hehehe….
    doakan ya
    salam hangat selalu

  5. AtA chan says:

    tambahin atu lagi ya..

    JANGAN BEGADANG NONTON BOLA KALO BESOK MAU UJIAN

    inget tuh para maniak bola hehehe..😛

  6. shofiyah says:

    mau ujian juga yah dek?
    SEMAGAT!!!
    ^_^

  7. kawanlama95 says:

    Tips yang bagus.Ini bagus untuk di jadikan Acuan .untuk semuannya.Moga bisa dilaksanakan

    Salam super hangat

    Bergerak tak pernah mati

  8. Nah tu Perut harus dijaga. Logika tanpa logistik ga jalan hehehehe.
    Nah tu kalau lagi ujian nonton bola tetep harus jalan apalagi Final UCL xixixiix

  9. niko says:

    met ujian aja ya Ra, smg sukses.

  10. Adit says:

    Jadi inget dulu aku kalo mw ngadepin ujian pake SKS sistem kebut semalam hahaha..

    Selamat menempuh ujiannya yach wish all the best for u..

    Thanks atas kunjungannya
    Salam kenal dari blogger baru..

    – adit –

  11. depz says:

    wahhh info yg bagus
    kbtln aku jga mnggu ini ujian dek

    serius lg loncat2 pas nulis ini
    dasarrrr aneh😛
    kayak katak aja😀

    • radesya says:

      owh ya…, perlu dicoba tuh kak…

      lho kakak baru tau kalau aku aneh ya?
      emang lagi loncat-loncat
      hihihih….🙂

      ayo loncat lagi..😀

  12. nisa says:

    subhanallah.. mbak desya ini keren ya cara belajarnya,,😀

    Semangaat ujian! gudlak ya mbak, nisa juga niy. .

    yosh! fighto-oh!

    bismillah…

  13. Catra says:

    Jjjaahhh… Kenapa gak di posting dari kemarin-kemarin nih, Mbak? Sharing yang menarik dan bermanfaat. Soalnya saya juga lagi musim Ujian. hehehe. Saya enak nya belajar sambil menikmati musik boleh nggak, ya?

    • radesya says:

      ah iya…, ujiannya mulai dah kemaren sih sebenarnya…
      semoga bermanfaat ja kak…

      owh, itu boleh koq…, nggak da yang larang kak, asal kakak nyaman ja…
      mo sambil apa ja juga boleh😉

  14. pagi sahabat
    salam hangat selalu
    pa cabar?
    kumpul di taman bersama blue yuk

  15. randu says:

    ayo Barcelona dan MU malam ini…
    Live dari lapangan sebelah…!

  16. racheedus says:

    Mo belajar, cari-cari bahan tesis, ada godaan MU vs Barca, yah….. Randu kok ngingetin sih… Jadi pengen nonton.

  17. goenoeng says:

    waah, kalo aku malah nggak pernah belajar, hehehe…
    dulu, paling bete kalo baca buku pelajaran, nah kalo baca novel, baca komik… sip dah ! nggak ada bosennya ! aku biasa belajar saat diterangkan di kelas, tanya sejelas2nya. atau diskusi sama teman2. malah nggak pernah menyediakan waktu belajar secara khusus. jadi ingat, kalo pas ujian menjelang, aku pasti dilarang belajar oleh simbahku. ‘pikirannya biar fresh saat ujian’, kata beliau.

    masih ujian, Des ? aku doakan deh, semoga hasilnya sip.

    • radesya says:

      hihihi…, aku kasih tau ya kak
      sssssttttttttttttt….!!! jangan bilang mama
      sebenarnya aku tuh juga seperti itu kak…, ini mah cuma teori aku ja…
      tau kan kalau Desya ini bandel😀
      *bisik-bisik*

      nah, saat mo ujian gitu, memang bener kata simbah, udah aku catat di atas kalau harus refresing, kalau aku biasanya maen game gitu, atau loncat-loncat…

      btw, thx atas doanya ya kak…

  18. hariez says:

    betul apa kata-kata mu sobat..aku sangat susah untuk seperti itu

    -salam-^_^

  19. HumorBendol says:

    Nambahin dikit nih:
    Belajarlah di tempat yang terang (biar gak merusak mata)
    hehe….

  20. ADMIN47 says:

    Testing… Threaded comment is enable now

    • ADMIN47 says:

      Warning, wp-supercache is enable. Your comment may not be shown directly

      • ADMIN47 says:

        CARA Belajarku…

        Ada hal yang unik saat aku belajar, mungkin ini bisa sedikit bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Ada beberapa langkah-langkah saat aku ingin behasil dalam mengerjakan soal-soal ujian diantaranya :

        NIAT dan DOA

        Tumbuhkan niat dalam hati kalau ingin belajar, bukankah segala sesuatu itu harus diawali dengan niat, so…, niatkan dalam hati kalau kalian ingin belajar. Jangan lupa juga berdoa, karena doa juga bisa melancarkan kita dalam belajar. Jadi selain niat juga harus berdoa.

        TUJUAN

        Dalam belajar kita harus mempunyai tujuan atau target tertentu yang harus kita capai. Dengan begitu dapat memacu semangat belajar kita. Tentu saja target kita adalah bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Tanpa tujuan itu otak kita tak bisa bekerja dengan baik. Sebenarnya mengerjakan soal-soal itu sangat mudah bagi otak kita kalau kita memiliki tujuan yang jelas. So…, kalau kita pasang […..]

      • ADMIN47 says:

        PUNYA RASA MALU

        Bagiku rasa malu itu sangat penting, malu juga bisa membuat aku lebih semangat lagi belajar. Malu dunk kalau nggak bisa lulus ujian dengan baik, Malu dunk kalau harus mengulang lagi. Malu dunk kalau dibilang gini : ” idiiihh…., cantik-cantik kok lemot” atau “waduh!! ganteng-ganteng tapi otak nol” . Fiiuhhhh…, malu banget kan? Dengan rasa malu itu semangat kita jadi berlipat-lipat. Apalagi kalau ada yang mencela seperti itu.

        BELAJAR SAAT BENAR-BENAR SIAP

        Berapapun kerasnya usaha kita dalam mengahafal semua materi pelajaran, akan menjadi sia-sia jika otak kita belum siap menerimanya. Otak kita itu butuh waktu yang tepat untuk menerima materi. Kapan waktu yang tepat bagi otak kita dalam menerima materi hanya kita yang tau. Kita sendiri yang bisa menetukan kapan otak kita siap belajar. Yang perlu dilakukan buatlah diri kita setenang mungkin. Rasa cemas dan takut akan sangat menganggu. Kalau kita sedang capek jangan dipaksain deh. Karena akan buang waktu percuma. Percayalah otak kita itu sungguh luar biasa, kalau otak kita dah benar-benar siap pasti akan bisa menyerap banyak materi pelajaran.

        JAGALAH KONDISI PERUT

        Nah ini juga penting lho…, saat belajar usahakan perut kita jangan dalam keadaan kosong atau kekenyangan. Kalau perut kita laper, kita tak akan bisa konsentrasi, nah kalau perut kita kekenyangan kita akan mudah mengantuk. So.., jagalah jangan sampae laper dan jangan sampe kekenyangan. Yang wajar-wajar saja[…..]

      • ADMIN47 says:

        Perfect…!!!

  21. kadang kalau aku belajar secara online aku biasa sambil chat. Pokoknya dibawa enjoy aja deh..

    Iya, tapi kebanyakan chat-nya ketimbang belajarnya, Meong Keciiiiiillllll………
    Bandel!

  22. narpen says:

    Belajar? biar asik emang sambil ym-an.. (hihi, sama kita des..)
    Tapi klo udah “serius mode on”, matikan tv (biasanya juga mati sih :D), matikan koneksi internet, jauhi bantal dan novel..
    dan jangan lupa.. pasang semangat setinggi langit ^___^

  23. Zulhaq says:

    setuju bgt tuh, bagaimanapun dan apapun, restu orang tualah yang menjadi pengiring dama menjalani sesuatu apapun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s