Kerak Telor

keraktelor

Lama tinggal di sini, tapi baru kali ini aku makan kuliner khas betawi yang satu ini. Sebenarnya dah lama sekali ingin coba, tapi selalu gag kesampaian. Baru semalam aku mencobanya. Rasanya gurih, kayak telur dadar, cuma yang membedakan terasa lebih gurih, ada pedas-pedasnya dikit. Pokoqnya enak deh…, setelah nanya-nanya sana-sini, akhirnya aku dapatkan resepnya:

Bahan:

2 butir telur bebek

50 gram beras ketan putih (dicuci bersih dan direndam dengan air kurang lebih 2 jam)

2 sdm bawang goreng

2 sdm serundeng (parutan kelapa yang disangrai sampai kering) atau abon juga bisa

2 buah cabai rawit iris halus

1sdt garam

½ sdt lada bubuk

½ sdt gula pasir

2 sdm ebi bubuk

Cara membuat:

Panaskan penggorengan, olesi dengan sedikit margarin kemudian masukkan satu sendok sayur ketan yang telah direndam beserta airnya. Tutup dan masak hingga kurang lebih 2-3 menit.

Buka tutupnya, kemudian beri 2 butir telur yang telah dikocok lepas, masukkan 2 sdm bawang goreng, 2 sdm serundeng atau abon, 2 sdm ebi, 2 buah cabai yang telah diiris, 1sdt garam, ½ sdt lada bubuk, ½ sdt gula pasir, aduk rata. Kemudian ratakan di sisi penggorengan kurang lebih berdiameter 20cm, tutup dan masak hingga harum. Balik penggorengan kerak telor hingga terjilat api dan permukaan atar harum terbakar.

Selamat mencoba…

This entry was posted in kuliner and tagged , , . Bookmark the permalink.

27 Responses to Kerak Telor

  1. zulhaq says:

    ehmmm, jadi laper nih
    mau dunk di buatin he he he

  2. AtA chan says:

    ..
    lho ini blog tentang kuliner ya..?
    wah.. salah alamat berarti..
    hehehe…
    ..
    kerak telornya kok nggak bulet sih..?
    mencong2 gitu..🙂
    ..

  3. dhodie says:

    Lezato itu makanan😆
    mantap resepnya!

  4. attayaya says:

    o itu yg namanya kerak telor ya
    selama ini cuma tau namanya doang

  5. Nice info..
    lumayan nih ra.. ada resepnya, mungkin kalo saya udah ga kerja bisa jualan kerak telor hehe..

  6. elia|bintang says:

    saya malah seumur2 di jakarta blm pernah makan kerak telor.. huehe. jd gmn rasanya? enak?

    salam kenal yah!😀

  7. Pengelana says:

    Wah aku tahunya cuma Resep Bubur Ayam😀

  8. Copet sejati says:

    Wach. . .
    Nyesel aku,pas kemarin djakarta gk cobain kerak telor.

  9. edratna says:

    Saya pernah mencoba tapi kok “agak eneg” ya…atau mungkin harus dimakan pas masih panas, dan dalam porsi kecil?

    Hmm enaknya nyoba bikinan Desya aja…pasti lebih enak dibanding yang dijual di abang kerak telor

  10. RenXe says:

    ntar klo dah jadi kabarin ya ra, aku nyicipin😀

  11. morishige says:

    belum pernah nyicip. katanya pedagang kerak telor ini udah mulai langka ya?

  12. ra, oper kemari, oper kemari!

    haaaapppp…!

  13. bunda mau dong dibikinin, Desya.
    Dah, pinter masak ya, gadis cantik bunda ini.
    salam.

  14. syafiq says:

    Hari minggu kemarin beli kerak telor waktu ada pameran di kampusku (ITB Fair 2010).
    Ternyata berbeda jauh dengan yang kubayangkan karena telornya hampir non-existent dan lebih mirip serundeng bakar😀 — kelapanya dominan banget.

    kerak_telor_final

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s