Sentuhan Cinta

Sepertinya ini akan menjadi tulisanku yang pertama kali yang membahas tentang cinta di blog ini. Mungkin tema ini sering sekali dibicarakan oleh jutaan orang di dunia, dan kalau bicara tentang cinta tak akan pernah ada habisnya. Karena setiap orang pasti mengenal yang namanya “cinta”. Dunia ini menjadi indah karena ada cinta di dalamnya.

Cinta adalah rasa yang ada dalam hati kita, ia laksana setetes embun yang turun dari langit, bersih dan suci. Cinta juga bisa mengubah yang pahit menjadi manis, yang keruh menjadi bening, yang sakit menjadi sembuh, derita jadi kebahagiaan dan kebenciaan menjadi rahmat.

Kata orang, jatuh cinta itu bikin hidup jadi berubah. Apa yang ia lihat jadi indah. Hati berbunga-bunga , bisa senyum-senyum sendiri (seperti orang gila ya )😀 . Dan cinta juga bisa mengubah gaya hidup seseorang lho. Dari pemalas menjadi rajin , Dari yang jorok menjadi bersih, yang jahat bisa jadi baik (bisa juga sebaliknya). Pokoknya jatuh cinta bisa mengubah cara hidup seseorang. Begitulah saat cinta itu menyentuh hati kita. Begitu dahsyat sentuhan cinta itu pada diri kita.

Cinta tidak mengajarkan kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta tidak mengajarkan kita menghinakan diri tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta juga membangkitkan semangat. Pernahkah Anda mendengar kalau cinta itu datang dari mata turun ke hati. Mungkin ungkapan ini tak sepenuhnya benar. Kalau sekarang mah bisa dari sms turun ke hati, dari chatting turun ke hati (dari fb, twitter, friendster dll) ^^. Dari blog juga bisa lho…, ada kakak yang temukan istri diawali dari ngeblog. Mereka sama-sama blogger gitu. Intinya cinta bisa datang lewat mana saja, tanpa kita rencanakan. Karena kita tak bisa merencanakan cinta.

Cinta juga tak pernah milih-milih orang agar jatuh cinta. Karena semua orang bisa saja jatuh cinta. Tak peduli muda, tua, bahkan kakek-kakek sekalipun. Tak peduli dia dah punya pasangan atau belum. Kita bisa jatuh cinta pada siapa saja, tak peduli orang itu usianya jauh sekali dari usia kita.  Jadi ingat Cupid, yang dilukiskan sebagai anak kecil yang bersayap yang bertugas menyebar asmara itu. Mungkin ada benarnya ya…, coba bayangkan, nih dewa Zeus koq nggak mikir dulu sih…, masak anak kecil ditugasi menyebar cinta. So…, panahnya itu menyebar ke mana-mana nggak tentu arah gitu…. hihihi…..

Aku pernah baca soal si Cupid ini, jadi ceritanya seperti ini. (cuma cerita, nggak usah dipercaya) karena dalam kehidupan nyata ini tidak benar.

Dalam mitologi Yunani Cupid dikenal sebagai anak dari dewi Venus yang ditugaskan mendampingi ibunya untuk mengurusi masalah asmara manusia. Cupid ini selalu dilukiskan sebagai anak kecil karena tidak bisa tumbuh. Dan venus menanyakan kepada dewi keadilan tentang hal itu. Kata dewi keadilan Cupid bisa tumbuh kalau Venus melahirkan anteros, perwujudan dari desire, maksudnya asmara tidak bisa tumbuh tanpa desire. Pada suatu hari dewi venus menemukan manusia yang melebihi kecantikannya. Venus merasa iri dan cemburu karena ada manusia yang bisa mengalahkan kecantikannya itu. Maka diutuslah Cupid untuk membunuh wanita cantik itu yang bernama Psyche. Tapi justru saat melihat Psyche, Cupid terpesona oleh kecantikan Psyche dan menikahinya. Tentu saja Venus tidak menyetujuinya, dan Venus masih berusaha membunuh Psyche. Cinta Cupid dan Psyche penuh liku-liku. Berbagai ujian dan rintangan dihadapi Psyche, hingga membuat hati Venus luluh dan merestui hubungannya dengan Cupid. Yang akhirnya Psyche diangkat jadi dewi dan hidup bahagia bersama Cupid.

cupid1

Dari cerita itu, bukannya Cupid bisa tumbuh menjadi dewasa, tapi masih saja tetap digambarkan sebagai anak kecil. Aneh ya…

Cinta yang tulus itu tidak pernah meminta, tapi ia senantiasa memberi karena cinta mengajarkan kita untuk berbagi. Andai semua orang memahami betul tentang cinta, mungkin dunia ini akan damai. Tak akan lagi ada perang, karena cinta tidak mengajarkan keserakahan. Tak ada anak-anak yang terlantar di jalan, karena cinta mengajarkan kita untuk saling tolong-menolong. So…., carilah cinta yang tulus , cinta yang datang karena hati, yang mungkin bisa jadi cinta sejati. Cinta yang memberikan sentuhan kebaikan…, bukan cinta sesaat karena alasan tertentu.🙂

love

How do I love thee?

-Elizabeth Barett Browning-


How do I love thee? Let me count the ways,

I love thee to the depth and breadht and height

My soul can reach, when feeling out of sight

For the ends of being and ideal Grace,

I love thee to the level of everyday’s

Most quit need, by sun and candlelight

I love thee freely, as men strive for Right

I love thee purely, as they turn from Praise

I love thee with the passion put to use

In my old griefs, and with my childhood’s faith

I love thee with a love I seemed to lose

With my lost saints I love thee with the breath

Smile, tear, of all my life! And , if God choose

I shall but love thee better after death

Selamat buat Om Jamal yang telah menemukan cinta sejatinya, selamat ya Om…, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warrohmah…, selalu mendapatkan kebahagiaan, dimudahkan segala urusannya… amien…🙂

This entry was posted in Kehidupan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to Sentuhan Cinta

  1. Copet sejati says:

    Temanku lagi jatuh cinta ya,kok tumben nulis about love…
    Cinta yang harus memiliki terbatas dgn waktu dan usia/kematian,sedangkan cinta yang tak harus memiliki akan tetap lestari dan abadi,bahkan setelah kematian.

  2. Copet sejati says:

    Ooh kirain, , ,
    Aq yakin,semua orang pasti setuju bahwa kamu adalah cewek yg amat sangat kreatif.

  3. AtA chan says:


    Ada juga lho cinta yg menyebabkan perang, lah itu difilm Troy..😛
    He..he..

  4. dhodie says:

    bercerita tentang cinta memang tidak akan habisnya… karena sememangnya ia bisa merubah hidup manusia😀

  5. achoey says:

    Wah, berarti nyindir A nih hehehe

  6. Hariez says:

    begiulah adanya cinta Ra..

    selamat malam & selamat beristirahat

    -salam-

  7. Yessi says:

    cuit…cuit…lagi jatuh cinta ya, dek?😛

  8. Copet sejati says:

    Aku tunggu terjemahannya…
    Terimakasih:-)

  9. zulhaq says:

    Namun terkadang cinta itu mengorbankan tetesan air mata
    namun, kita harus tetap berada disitu. bergelut dengan segala suka dan dukanya

    selamat buat om nya
    semoga menjadi keluarga yang senantiasa diberkahi segala kebahagiaan dunia akhirat amiennnn….

  10. edratna says:

    Udah mulai “jatuh cinta”?
    Kata anakku, jatuh cinta itu indah, tapi juga sakit….hahaha

  11. saya juga menulis soal ini, sudah beberapa tulisan dan bersambung, tapi belum posting tentang ini lagi nih, lagi belum mood lagi. Habis kemarin kena efek negatifnya sendiri sih, mabuk cinta, aduh jadi malu. Semoga ALLAH mengampuni. Hati-hati dengan makhluk yang satu ini.

  12. atmakusumah says:

    Akhirnya menulis tentang Cinta juga yah…🙂
    Menyimak dalam2 tulisan ini…😀

  13. RenXe says:

    kamu kapan nyusul ra?😀

  14. racheedus says:

    Cinta yang agung dan hakiki akan berujung pada Sang Maha Cinta, Pemilik semesta.

  15. zulhaq says:

    gak tau kenapa yah, kok pengen baca ulang lagi tulisan yang ini.

    kali inilebih merhatiin potongan “ada kakak yang temukan istri diawali dari ngeblog. Mereka sama-sama blogger gitu. Intinya cinta bisa datang lewat mana saja, tanpa kita rencanakan. Karena kita tak bisa merencanakan cinta.”

    memang banyak sih kejadian yang seperti itu. namanya juga cinta. tak pernah dibatasi oleh ruang dan waktu

    mungkin juga rara akan mengalami hal serupa. menemukan sosok seseorang didunia yang membawa kita untuk anteng depan monitor alias maya. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s