Pelajaran hidup saat mimpi

Bagiku hidup ini memang untuk belajar, dan pelajaran hidup itu bisa kita dapatkan di mana saja. Dari lingkungan kita, dari orang-orang di sekitar kita juga. Semua bisa kita jadikan untuk belajar. Dan semua cobaan hidup yang kita terima adalah pelajaran yang sangat berharga bagi kita untuk bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi. Oleh karena itu, jika kita memiliki masalah yang sangat berat, kita jangan putus asa. Tuhan pasti akan menolong hambanya yang tak pernah putus asa. Dan jika semua jalan telah buntu, tetaplah yakin, bahwa Allah itu selalu bersama kita. Mohonlah pertolongan hanya kepada-Nya. Karena Dia yang maha penolong. Selalu ada jalan bagi orang yang tetap berusaha dan pantang menyerah.

Saat aku sedang sedih, saat otakku sedang buntu. Aku selalu berdoa agar Allah menolongku. Yah…, hanya kepada-Nya aku biasa menumpahkan air mata dan bercerita. Bahkan terkadang sampai ketidur seperti tadi malam. Biasanya kalau aku sedang sedih dan berdoa pada Allah hingga ketidur, aku pasti mimpi aneh. Mimpi tentang pelajaran hidup. Entah mungkin ini suatu kebetulan atau hanya bunga tidur. Tapi aku senang mendapat pelajaran ini. Bukan berrarti aku ini mempercayai mimpi lho…, aku juga tidak mengimani mimpi. Aku takut sekali jika dibilang seperti itu, karena ada seorang teman yang mengatakan kalau mimpi itu pekerjaan setan, apa itu benar? Tapi kenapa disaat aku minta petunjuk dan sedang dalam keadaan sedih selalu mimpi aneh dan tidak masuk akal (kalau masuk akal bukan mimpi kali ya)😀

Di mimpi aku sedang melihat seorang pejabat yang kedapatan selingkuh, dia masih mengenakan seragam safarinya bersama dengan seorang wanita di sebuah hotel. Sesaat kemudian aku melihat pejabat itu menangis. Aku tak melihat kelanjutannya, kemudian aku melihat dua orang kaya yang sedang menghina orang miskin, orang itu laki-laki semua. Dia berkata-kata kotor pada orang miskin yang berpakaian compang-camping. Kemudian, aku melihat lagi seorang bapak dengan anaknya perempuan. Bapak ini dulunya kaya raya kemudian jatuh miskin. Dia sedang membawa sapu lidi dan menyapu jalan raya bersama anak perempuannya itu.

Kemudian, orang laki-laki yang menjelaskan padaku itu membawa mereka semua ke dalam mobil. Termasuk aku ikut bersama mereka di mobil itu. Aku duduk di depan bersama laki-laki itu. Jalanan yang kami lalui begitu panjang. Hingga sampai pada sebuah gang kecil sebuah perumahan. Laki-laki itu memanggil dua orang  kaya yang telah menghina orang miskin supaya turun. Dua orang itu diturunkan di tempat yang sangat jauh dari tempat tinggalnya.  Kemudian laki-laki itu berkata

“Turunlah kalian! Belajarlah mennjadi orang miskin agar kalian tahu betapa pedihnya menjadi orang miskin”

Kemudian mobil kami melanjutkan perjalanan kembali dengan meninggalkan dua orang kaya itu yang nampak masih kebingungan. Aku hanya bisa melihatnya saja. Mobil terus saja melaju, dan sampailah kami pada sebuah masjid megah. Laki-laki itu memanggil pejabat yang sedang selingkuh supaya turun. Kemudian pejabat itu turun, dan laki-laki itu ikut turun. Dia  mengambil sesuatu dari tanah, dan iya memberikan pada pejabat itu. Yah…, aku melihat ternyata laki-laki itu mengambil kerikil yang jumlahnya banyak sekali, kemudian dia berkata pada pejabat itu

“bertaubatlah! Pakailah kerikil ini untuk berzikir, mintalah ampun sama Allah”

Setelah meninggalkan pejabat itu sendirian, kamipun melanjutkan perjalanan lagi, jalanan yang kami lalui semakin jauh dan berat, yang tinggal di mobil sekarang tinggal aku, laki-laki itu dan bapak-bapak bersama anak perempuannya. Kami di bawa pada suatu tempat, yang aku lupa namanya. Dan mobil yang kami naiki berhenti di depan sebuah rumah mewah. Kemudian laki-laki itu berkata pada bapak-bapak itu.

“Apa kamu masih ingat tempat ini!” ucapnya pada bapak itu

“Iya, dulu ini rumah saya” jawab bapak itu

“Sekarang kamu turunlah!, lihatlah kembali rumahmu “

Kemudian bapak itu turun bersama anaknya, dan laki-laki itu juga turun, dia juga mengambil kerikil yang sangat banyak pada dan memberikan kepada bapak itu dan berkata:

“Dulu kamu sangat kaya raya, tapi sekarang kamu miskin karena semua bisa berubah, tidak ada yang abadi”

Bapak itu hanya menunduk, sambil  masih memegang sapu juga kerikil.

“Sapulah halaman ini, kemudian kamu berdoa dan berzikir setelahnya, minta ampunlah atas kesombonganmu selama ini”

Kamipun meninggalkan bapak itu dengan anak perempuannya, dan sekarang tinggal aku sendiri bersama laki-laki itu. Dan dia terus saja melajukan  mobilnya. Jalanan yang terasa sangat jauh sekali. Akhirnya kami tiba di suatu tempat yang banyak pohonnya, kemudian laki-laki itu bicara padaku

“Tempat mustajab untuk berdoa adalah di sana” ucapnya sambil menunjuk arah pohon-pohon itu, dan anehnya, tempat itu berubah, langitnya berwarna indah. Aku tertegun melihatnya. Banyak orang yang sedang berzikir seperti di sebuah masjid. Mereka duduk dengan sangat rapi, banyak sekali orangnya. Kemudian orang itu berkata

“Di Makkah”

Dan aku terbangun setelah mendengar kata Makkah, dan kata Makkah terngiang-ngiang di kepala, aku hampir saja telat untuk subuh. Mimpi yang aneh, bunga tidur yang aneh…, dan aku berdoa ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari godaan syetan yang terkutuk. Tapi aku jadi bingung, sungguh sangat bingung, kenapa aku selalu bermimpi aneh saat sedang sedih. Tapi sungguh, mimpi ini telah menyadarkan aku akan banyak hal. Masalah yang aku hadapi ini terlalu kecil dibanding dengan masalah orang-orang yang ada di mimpiku itu. Dan untuk itu aku sangat bersyukur…, aku serahkan semua masalah yang aku hadapi saat ini hanya padaMu ya Allah…, hanya padaMu…, terimakasih mimpi, telah memberiku pelajaran hidup yang bisa buatku untuk berkaca.

This entry was posted in Kehidupan and tagged , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Pelajaran hidup saat mimpi

  1. DM says:

    Dan tahu kah kau, siapa lelaki yang mengendarai mobil itu?
    Itu aku…😀

  2. radesya says:

    hahaha…., pantesan ja, aku ingat rambutnya😛

  3. Pingback: Tweets that mention Pelajaran hidup saat mimpi » Radesya -- Topsy.com

  4. Semoga mimpi yg baik jadi kenyataan, dan yang buruk, hanya sebagai bunga tidur saja.
    salam

  5. salam hangat dari blue

  6. delia says:

    Mimpi yang buruk adalah sisa2 pikiran saat kita dialam sadar…
    dan mimpi yang Indah adalah harapan alam bawah sadar…🙂

    Bersyukur bisa bermimpi Mekkah… semoga bisa kesana🙂

  7. ImUmPh says:

    Hebat bisa hafal gitu detail mimpinya. Klo saya biasanya, pas bangun udah lupa mimpi apa. akakakak
    Smoga itu pertanda yang baik. Amin!

    • radesya says:

      karena dari dulu aku suka mencatat mimpi, kebiasaan yang aneh ya? tapi kadang juga mimpinya gag jelas gt, gag tiap hari juga bisa mimpi seperti ini

  8. achoey says:

    Kau orang baik dik
    Mimpi pun mencerahkan

    A mo nikah lho hehe

  9. BlogCamp says:

    Mimpi yang buruk2 itu pekerjaan setan
    salam hangat dari BlogCamp

  10. edratna says:

    Jadi…laki2 itu DM…hahaha

    Desya,
    Kalau lagi sedih memang sebaiknya berdoa….Tuhan akan menjawab doamu, walau jawabanny belum tentu seperti yang kau inginkan…tapi kita harus percaya bahwa rencana Tuhan pasti lebih baik.

  11. julie says:

    mimpimu koq berat banget ya ceritanya dek
    aku udah lama ga mimpi
    kangen juga🙂

  12. hanhan says:

    Hallo Rara, Mimpi itu adalah bunga tidur, tinggal bagaimana kita menyikapinya saja.

  13. zulhaq says:

    wow. emang hebat yah. mimpi bisa djelaskan secara keseluruhan gitu. gak kek aku, kalo mimpi gak begitu ingat keseluruhannya :))

  14. Makkah.. huummm semoga doamu terkabulkan terutama lepas dari godaan setan karena setan bisa saja merubah wujud dg sosok yg rambutnya dirimu kenali

    *ngelirik kearah komentator pertama..trus kaburrrrrrrr*
    :-p

  15. kikakirana says:

    jadi itu mimpinya termasuk yang baik atau yang buruk ya???:mrgreen:

    HIDUP!!! ^_^

  16. timlonet says:

    kunjungan pertama nie salam kenal ya

  17. timlonet says:

    wah url saya yang diatas salah mas yang benar yang ini

  18. fansmaniac says:

    Mimpi adalah perjalanan ruh kita saat tidur, namun adapula yang mengatakan itu gelombang logika yang ada di otak kita dan terus berjalan saat tidur. Belajar dari mimpi boleh juga tuh😀

    Nice post

    Oh ya, tukeran link ya? link blog uda tertaut di blog saya sip…😉

Leave a Reply

