Kimono and Yukata

Sebenarnya aku pengen banget mengenakan kimono, seperti apa ya aku kalau memakai kimono? Hihihi…. Kalian pasti sudah tahu tentang kimono kan? Itu lho pakaian tradisional Jepang. Nah pasti sudah bisa membayangkan seperti apa kimono itu. Orang Jepang sendiri menyebut kimono sebagai Gofuku atau Wafuku.  Kimono berasal dari kata ki yang berarti mengenakan, dan mono yang berarti pakaian, so…, kimono itu berarti mengenakan pakaian. Kimono itu dipakai pada acara formal. Membuat kimono juga sangat susah, karena biasanya dibikin secara manual, bahkan zaman dulu kimono ditenun menggunakan tangan. Kimono sutera satu set dengan obi dan geta( sendal khusus buat kimono) sangatlah mahal, bisa puluhan juta harganya. Bahkan ada yang ratusan juta. Jadi orang Jepang sendiri ada yang nggak mampu membeli kimono sutera, lha bagaimana denganku ya…, hehehe..

Ada yang membuatku tertarik mengenakan kimono, selain kimono itu pakaiannya sangat sopan, mesti berlapis lapis, lapisan pertama bernama hadajuban dan lapisan yang kedua namanya juban, juga harus mengenakan obi. Obi adalah ikat pinggang yang melilit pinggang pemakai kimono, panjangnya sekitar empat sampai lima meter.  Ada banyak jenis simpul yang digunakan saat mengikat obi ini, tapi yang paling terkenal dan disukai adalah simpul yang berbentuk  seperti kupu-kupu, namanya simpul bunko. Tapi bagi yang belum bisa membuat simpul obi bisa membelinya yang sudah jadi di toko, jadi tinggal memasangnya pada kimono yang akan dikenakan. Kimono juga bisa menunjukkan status bagi yang mengenakannya, apa dia masih gadis atau sudah bersuami, karena kimono untuk gadis biasanya lengannya lebih panjang.

menggambar yukata

Sudah lama aku tidak menggambar baca: coret-coret, dan sepertinya kemampuanku menurun. Ini menggunakan media Photoshop CS4, dan menggunakan mouse. Sebenarnya sudah tidak zamannya lagi menggunakan mouse, tapi aku belum memiliki wacom, yah terpaksa pakai mouse deh ^^. Yang pertama dalam menggambar ini, harus mempunyai kesabaran extra tinggi. Karena bisa berjam-jam menggambarnya. Juga harus disiapkan minum yang banyak jangan lupa cemmilan juga😀 (biar tidak lapar). Kalian pasti bisa!!!

Tapi sejak zaman Azuchi Momoyama lahirlah Yukata, yang bermula dari pakaian yang dipakai sesudah mandi yang disebut Yukatabira. Terus sejak zaman Edo Yukata ini menjadi sangat populer di masyarakat dan disingkat menjadi  Yukata. Jelasnya yukata adalah kimono yang bersikap tidak formal yang awalnya dipakai pada waktu sesudah mandi. Dan mengingat fungsinya yang hanya dipakai sesudah mandi, zaman dulu memakai yukata untuk bertemu seseorang dianggap kurang sopan. Tapi sekarang yukata bisa dikenakan dimanapun , karena sifatnya yang non formal itu. Yukata juga merupakan pakaian utama yang biasa dikenakan saat musim panas (natsu), karena yukata yang berbahan katun bisa membuat merasa sejuk dan nyaman. Yukata juga biasa dipakai saat melihat festifal kembang api ( Hanabi Matsuri).

Yukata

Setelah berjam-jam, berhari-hari, heheh…, pokoqnya sekitar 27 jam deh. Akhirnya selesailah gambarku ini. Yang perlu diingat harus tetap bersabar dan semangat. Meskipun badai datang menerjang, hujan dan halilintar menyambar😀 tetap semangat!!  pasti bisa melakukannya. Tapi jangan diketawain ya…, hasilnya memang kurang memuaskan. Ini dikarenakan aku baru belajar. Jadi harap maklum saja.🙂

Seperti halnya dengan kimono, yukata juga bisa dipakai baik laki-laki maupun perempuan. Yukata untuk laki-laki biasanya berwarna dasar gelap dengan corak garis-garis warna gelap pula. Sedangkan yukata untuk wanita biasanya berwarna cerah atau warna pastel dengan corak bunga yang beraneka warna dan corak yang paling diminati adalah bunga sakura, krisan, poppy dan bunga-bunga lain yang mekar di musim panas.

Yukata tidak seperti kimono yang harganya sangat mahal karena yukata biasanya dibuat dimesin pabrik jadi harganya bisa terjangkau oleh masyarakat. Jika musim panas hampir tiba, biasanya kita akan menjumpai yukata di toko-toko dengan berbagai macam corak dan warna dan tentu saja dengan harga yang terjangkau. Yukata juga bisa dipakai siapa saja tanpa perbedaan status, memakai yukata juga hanya dibutuhkan satu lapisan baju saja ( hadajuban ). Obi yukata juga hanya separuh ukuran obi kimono. So…, ingin mencoba memakai Kimono atau Yukata?

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

52 Responses to Kimono and Yukata

  1. arif pribadi says:

    pinter banget, dikembangin lagi dek..

  2. Arif R. says:

    Nice… salam kenal..😀

  3. Realodix says:

    Mending memakai Kimono, walau mahal tapi puasa memakainya dan Lebih formal…
    Jaman skrg mungkin sdh ada Kimono yg terjangkau…

    Btw bagus gambarnya…
    Lebih banyak latihan lagi, pasti akan terlihat lebih bagus..🙂

  4. delia says:

    dulu pernah pake kimono..
    emang keren, mahal dan ribet…. wekekkeke…

    malah aq gak tau yukata itu apa,,😀

    keren gambarnya.. hebat …..

    • radesya says:

      wah kak lia pasti terlihat cantik deh🙂

      padahal di Jepang yukata dah populer lho kak, harganya lebih terjangkau ^^

      makasih kak….

  5. nisa says:

    wah keren sya. daku pengen nyoba pake kimono😀 kimono yg dr batik:mrgreen: plus tetep make jilbab. hihy matching gak ya😀

  6. Desyaaaaaaa……………… gambarnya bagus banget………. ( mengacungkan jempol).

    sekarang ini memang Yukata lebih sering digunakan, krn lebih simpel dan gak panas, mungkin hanya pada perayaan2 tertentu saja Kimono baru dikenakan, dan yang memakainya jg hanya dr golongan tertentu saja.
    Yukata lebih memasyarakat.
    Terima kasih utk tulisan ini,
    dan gambar yg bagus banget ya Desya.😀

    salam

  7. achoey says:

    Wow
    Kebayang kalo adik pake Yukata🙂

    Salam semangat dik!

  8. salam sahabat
    gambarnya ajib banget tu

  9. agoenk70 says:

    wuahh gambarnya keren banget.. saya dari dulu klo gambar kaya gini ga pernah selesai hehehe…
    salam kenal yahhh

  10. RyZack says:

    Ohh, ternyata Yukata gak termasuk ke pakaian formal ya.. Baru tahu juga awal mula Yukata itu dulunya suka dipakai sesudah mandi..😛

    Salam kenal🙂

  11. julie says:

    ihh cantiknya gambarmu dek
    aku suka yukataaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  12. Rindu says:

    kalau saya suka kimono tidur yang banyak kancingnya, jadi kalo mau mandi apa engga tinggal ngitun kancing mandi … engga … mandi :

  13. depz says:

    cakep dek

    penasaran gmn coba kalo pake kebaya ya?😉

  14. liza says:

    wah baguz na.. info na jg menarik he he..
    dsni da ga ya yg nyewain.. ato beli na dmna gtu.. tw ga? bagi2 dunkz klo da info.. makasih ya.. lam kenal..

  15. Usup Supriyadi says:

    gambarnya bagus . kembangin terus ya des .😀

  16. Didien® says:

    bagus banget komononya ra, bikinin dunk buat kakak..heuheuheu

  17. Lalang Senja says:

    saya jadi tahu perbedaan kimono dan yukata🙂

    gambarnya bagus dek, terus dikembangin ya🙂

  18. julianusginting says:

    kimono…lucu kali dipake ama orng indo..heee

  19. zulhaq says:

    ayo ra, kapan kapan pake kimuno. fotonya pajang disini

    *menunggu foto ituh*😀

  20. emma^^ says:

    kimono itu berat…yukata ringan… >,<
    btw, gambar animasi cewek jepang itu gambar buatanmu yah? soalnya sy jg pernah nemu di google gambar itu, tp yg ada latarnya..^^

    • radesya says:

      sudah pernah pakai ya?
      iya itu emang aku yang bikin, tapi gambarnya nyontoh, tapi gag sama persis sih,banyak perbedaannya ^^
      maaf aku baru belajar nih🙂

  21. intan says:

    wa, baru belajar kok bagus tenan.😀

  22. RenXe says:

    bagus gambarnya. tapi…
    …gambar pake mouse bukannya udah ga jaman ra, tapi emang ga pernah jaman😀
    kalo saranku, mendingan kamu gambar pake pensil, ditebelin pake ballpoint gel trus di-scan.

    well, kalo aku milih pake yukata aja lebih simpel

    • radesya says:

      kalau gambar pakai pensil trus di scan itu terlihat gag rapi kak, aku pernah mencobanya, tapi kalau sceth gitu suka pakai pensil kak🙂

  23. yui says:

    gambarnya bagus…….

    jago gambar ternyata,, hmmm yukata sama kimono… Yui juga pernah tulis..

  24. kikakirana says:

    keren bangeddzz… gambarnya :d
    btw, Qk juga pengen loh dari dulu pake yang namanya kimono tuch,,,
    keren gitu ngeliatnya😀

    HIDUP!!! ^_^

  25. Lilin Senja says:

    huwaa koq komeng nya gag bisa toh

  26. Lilin Senja says:

    jiah kadang bisa kadang tidak nie komen nya, padahal dah tulis panjang-panjang

  27. tapi mantap lho,..
    meskipun baru belajar,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s